Fatan Langit, Atlet Termuda Penghafal Al-Quran Dari MSH Skoba Madani Parung, Raih Medali Kejurnas Silat SKC 2021

Fatan Langit bersama lims atlet lainnya dari MSH Skoba Madani Parung yang telah berhasil meraih medali emas dan perak. (Fahri | Pakar)

PARUNG – Usianya baru 8 tahun, masih sangat muda. Namun bicara soal tingkat kecerdasan dan prestasi, santri pelajar dari Ma’had Sunnah Home Schooling (MSH) Skoba Madani Desa Waru Jaya, Kecamatan Parung ini, tergolong luar biasa dan membanggakan.

Nama lengkapnya Fatan Langit Syahrur Rahman. Ia tercatat sebagai atlet pencak silat termuda yang sudah hafizh Quran 3 juz dari 800 atlet pelajar se-Indonesia yang terjun di event kejuaraan Nasional Pencak Silat Sultan Kasepuhan Cirebon atau Kejurnas Silat SKC 2021.

Fatan Langit, sapaan akrabnya, saat ini tercatati masih duduk di kelas 3 SD di HMS Skoba Madani, Parung, Kabupaten Bogor.
Dalam arena Kejurnas Silat SKC 2021, Fatan terlihat sangat lincah dan penuh semangat, bahkan ia sama sekali tidak gentar meskipun lawan tandingnya di event Kejurnas Silat tersebut dinilai oleh beberapa pihak tidak seimbang.

Hasilnya, dalam Kejurnas Silat SKC 2021 ini, Fatan berhasil meraih medali perak. Menurut pengasuh MSH Skoba Madani, Ustad Abu Swandana, raihan prestasi Fatan bukan hanya kali ini saja berhasil ditorehkan.

Karena, selain tercatat sebagai atlet pencak silat yang hafizh Quran, Fatan Langit juga tercatat sebagai atlet renang dan pernah meraih medali emas di kejuaraan renang SSC tingkat pelajar di Bogor, pada Agustus 2021.

“Saat itu, Fatan harus menempuh jarak kolam renang sekira 35 meter. Fatan berhasil menduduki posisi tercepat dari peserta lainnya, dengan catatan waktu kurang dari 60 detik. Jadi memang Fatan ini adalah santri hafidz Qur’an juga atlet muda potensial masa depan, khususnya di cabang olahraga pencak silat dan renang,” papar Ustad Abu Swandana, Senin (29/11/2021).

Sementara Ustaz Budi Mulyana, selaku official kontingen
sekaligus Kepala Biro Litbang dan Beasiswa MSH Skoba Madani Parung menambahkan, ada 6 santri penghafal Quran dari MSH SKO Parung, yang berhasil membawa pulang 4 medali emas dan 2 medali perak dalam Kejurnas Pencak Silat tingkat pelajar se Indonesia Sultan Kacirebonan Cup (SKC) 2021.

“Kejurnas itu diikuti oleh 800 pelajar dan mahasiswa serta diselenggarakan di Sport Hall Bima, Cirebon, Sabtu dan Minggu, tanggal 27 – 28 November 2021 lalu,” ungkap Ustadz Budi, sapaannya.

Ia menjelaskan, dalam event tersebut MSH Skoba Madani menerjunkan enam santri atlet yang juga penghafal Al Quran.
Keenam santri itu berlatih secara intensif selama 2
pekan di bawah naungan dari perguruan silat Walet Puti. Selain itu, santri – santri yang diterjunkan di setiap kejuaraan prestasi, juga wajib sudah hafal Al-Quran minimal satu juz.

“Sekolah kami InsyaAllah selalu ketat dalam
menyeleksi hafalan santri dan kemampuan mereka dalam beladiri. Empat santri penghafal Quran yang meraih medali emas adalah Ahmad Dion Putra Saepudin, Alfian Fahri Sulaeman, Izrail Arsy Sulthan dan Istiqlal Attar. Sedang dua santri yang meraih medali perak adalah Fatan Langit Syahrurrahman dan Bio Aldi Lia,” pungkasnya. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.