Fasilitas Umum di Tamansari Jadi Sasaran Warga Tempat Buang Sampah

Fasilitas Umum di Tamansari Jadi Sasaran Warga Tempat Buang Sampah. (Yusman | Pakar)

TAMANSARI – Banyak fasilitas umum di jalur Kemang, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor dijadikan masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah.

Kondisi ini membuat wilayah menjadi kumuh dan kotor. Bahkan, dinas terkait juga mengaku kewalahan dengan sampah liar tersebut.

PLT Camat Tamansari Hidayat menyampaikan minimnya kesadaran masyarakat membuang sampah ke tempatnya menjadi faktor banyak sampah liar. Selain itu, kurangnya TPS di wilayah Tamansari juga penyumbang faktor tersebut.

“Sedangkan yang di pinggir jalan raya itu yang buang sampah orang dari mana-mana yang sengaja menggunakan motor maupun mobil, orang tersebut membuang sampahnya ketika di malam atau subuh yang luput dari pengawasan,” ujar Hidayat kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).

Untuk mengurangi tumpukan sampah liar sejumlah fasilitas umum, Pemerintah Kecamatan bersama desa mengadakan gerakan bebersih lingkungan. Selain melakukan pengangkutan sampah liar, Pemerintah juga memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Meskipun begitu, pihaknya terus berupaya memberikan pemahaman kepada warga untuk tidak membuang sampah sembarangan selain mengadakan Jumat Bersih (Jumsih) dari tingkat kecamatan hingga tingkat desa,” pungkasnya.

Sementara, Kasi Pengurangan Sampah DLH Kabupaten Bogor Yanti menuturkan, pihaknya telah berkordinasi dengan UPT DLH Ciomas agar sampah liar yang menumpuk di jalan Kemang segera di angkut.

“Sudah kita koordinasikan dengan UPT setempat,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.