Faktor Cuaca di Cianjur, Harga Beras Naik dan Sayur Mayur Turun


CIANJUR – Harga komoditas beras eceran relatif masih tinggi mejelang Imlek tahun 2023 ini. Sementara itu harga sayuran menurun tajam di UPTD Pasar Cipanas.. Pasalnya akhir-akhir ini harga beras relatif naik, diduga penyebabnya dari pasokan yang cenderung berkurang
Salah seorang pedagang beras di Pasar Cipanas, Heri membenarkan jika saat ini harga beras premium di kisaran Rp12 ribu per kilogram. Sebelumnya harga di kisaran Rp10.500 per kilogram.


“Memang akhir-akhir ini harga beras terus naik. Sekarang harga beras premium Rp12 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp10.500 per kilogram. Sedangkan harga beras medium kisaran Rp11 ribu per/kilogram. Rata-rata memang naik,” ujar Heri kepada wartawan, Rabu (18/1/2023).

Heru mengaku naiknya harga beras tersebut, penyebab akibat pasokan yang berkurang. Kondisi tersebut, akibat cuaca jadi salah satu pemicunya. “Memang cuaca yang menjadi salah satu penyebabnya. Kemudian panen juga berkurang. Di sisi lain pemakaian juga sedang meningkat,”ujarnya.

Meningkatnya pemakaian, kata Heri, lantaran saat ini masyarakat atau keluarga penerima manfaat (KPM) mendapatkan bantuan sosial nontunai. Kondisi itu membuat penjualan pun cenderung turun.
“Stok beras juga jadi berkurang karena banyak dialihkan kepada penerima bansos. Jadi masyarakat yang belanja beras ke pasar berkurang. Penjualan turun hampir 20%,” bebernya.

Sementara itu, Kepala UPTD Pasar Cipanas Widya Pratiwi menuturkan harga beras sebetulnya relatif stabil. Hasil monitoring di lapangan, harga beras premium kisaran Rp12 ribu dan beras jenis IR kisaran Rp11 ribu per kilogram. “Cenderung stabil sih kalau harga beras,” kata Widya.


Namun, lanjut Widya, harga beras jenis medium sempat naik. Penyebabnya karena jalur distribusi yang tersendat akibat dampak gempa bumi. ” Akibatnya sebagain para petani juga menjadi bagian terdampak gempa bumi. Tapi sekarang sudah mulai berangsur normal kembali,” pungkasnya. SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.