Es Dawet Ayu Margajaya, Teman yang Pas Saat Cuaca Panas

Inilah Es Dawet Ayu di Jalan Margajaya. Septi | Magang

BOGOR – Es Dawet Ayu merupakan minuman tradisional khas Banjarnegara. Di wilayah tersebut, para penjual bertebaran di pinggir jalan. Bahkan ada yang menjajakan kuliner itu dengan cara berkeliling ke setiap desa.

Rasanya yang manis, dan segar menjadi teman yang pas saat cuaca panas. Inilah es dawet ayu, minuman khas Kabupaten Banjarnegara, salah satu kuliner yang sudah dikenal enaknya di nusantara.

Di Bogor, Anda bisa mengunjungi Jalan Margajaya. Antono selaku penjual mengaku sudah tiga tahun jualan di daerah tersebut. “Tapi karena pandemi, pandapatan menurun. Semua bahan pun sekarang mahal,” kata Antono, Sabtu (10/7/2021).

Dawet atau cendol sendiri merupakan jenis minuman tradisional, berupa bulatan panjang dari adonan tepung beras atau hunkue, kemudian disajikan dengan kuah santan dan sirup gula merah.

Sayangnya, di masa pandemi ini penjualannya menurun drastis. “Hanya 15 persen keuntungan yang saya dapat. Bahkan untuk balik modal pun tidak ada, dan bahan -bahan seperti kelapa dan gula sedang mahal sekarang ini,” pungkasnya. (Septi | Magang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.