Es Bir Kotjok Si Abah Tidak Membuat Mabuk, Malah Bisa Meredakan Masuk Angin Loh

Es Bir Kotjok Si Abah di Jalan Suryakencana Bogor. Wina | Magang

BOGOR – Namanya Es Bir Kotjok. Namun jangan salah sangka, minuman ini sama sekali tidak memabukkan, malah berkhasiat bagi kesehatan.

Ya, Bir biasanya identik dengan rasa minuman memabukkan. Namun tidak berlaku dengan yang satu ini. Di Bogor, tepatnya di persimpangan Gang Aut, Jalan Suryakencana terdapat minuman legendaris yaitu Es Bir Kotjok Si Abah.

Kenapa dinamai Es Bir Kotjok? Ya karena dibuat dari air gula aren, dan jahe tak lupa dicampur es batu lalu dikocok dan berbusa seperti bir pada umumnya.

Minuman yang didominasi oleh jahe merah, dan gula aren ini sudah ada sejak tahun 1965. Meskipun namanya Bir Kotjok, minuman ini merupakan sajian tradisional yang berkhasiat untuk kesehatan.

“Manfaatnya bisa meredakan masuk angin, batuk, terus sama daya tahan tubuh,” kata Eman, Generasi ketiga pemilik Bir Kotjok, Jumat (2/7/2021).

Di tengah pandemi seperti ini, Eman selaku penjual menuturkan bahwa penjualannya menurun, ia mengaku kehilangan kurang lebih setengah pelanggannya. “Efeknya ya gitu, sepi,” sambung Eman.

Es Bir Kotjok Si Abah ini buka dari pukul 09.30 hingga 17.30 WIB. Tiap gelasnya hanya dibandrol Rp5.000. (Wina | Magang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.