Enam Pelaku Curanmor Dibekuk Polres Cianjur, Dua Diantaranya Residivis

Enam pelaku Curanmor diamankan Polres Cianjur dalam expose konfrensi pers, Rabu (26/1/2022). Endi | Pakar

CIANJUR – Sebanyak enam pelaku pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) berhasil diamankan Polres Cianjur. Dua orang pelaku merupakan residivis dengan kasus yang sama.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan, mengatakan enam orang yang ditangkap yakni Rian Saputra, M Suhendra, Wahyu, Sahrul Sidik, Jeni, dan Asul merupakan pelaku dari tiga tempat kejadian berbeda.

“Ada tiga laporan yang kami berhasil ungkap dan tangkap para pelakunya dengan satu TKP di Kecamatan Cilaku dan dua TKP di Kecamatan Mande,” ujar Doni, Kamis (26/1/2022).

Menurut Doni, dua dari keenam pelaku merupakan residivis yang sudah beberapa kali masuk penjara dengan kasus Curanmor. “Pelaku atas nama Rian Saputra dan Sahrul Sidik merupakan residivis Curanmor,” kata dia.

Doni menambahkan selain menangkap para pelaku, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa 18 unit sepeda motor hasil curian dan kunci leter T yang digunakan pelaku untuk menjebol kunci kontak kendaraan curian.

Doni mengungkapkan sepeda motor curian tersebut rencananya akan dijual ke penadah dan pembeli di berbagai daerah dengan harga Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta rupiah.

“Dari setiap unit sepeda motor pelaku mendapat uang mulai Rp 1,5 juta-Rp 2 juta, tergantung jenis dan kondisi sepeda motornya. Biasanya dijual ke daerah pelosok, baik di Cianjur ataupun di luar kota,” kata dia.

Atas perbuatannya, keenam pelaku dijerwt dengan pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

“Untuk residivis akan lebih berat hukumannya,” tegas dia.

Di sisi lain, Doni menuturkan pihaknya juga akan menyebarkan informasi terkait kendaraan yang berhasil diamankan. Pemilik kendaraan yang merasa kehilangan motor dapat menghubungi Polres untuk mengambil kembali kendaraannya.

“Kita akan sebar plat nomor dan nomor rangkanya. Bagi pemilik kendaraan silakan datang ke polres dengan membawa surat kendaraan. Jika cocok, akan kami serahkan lagi pada pemiliknya,” pungkasnya. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.