Enam Bulan Dikurung, Kades Sukahati Membawa Lansia ini ke RSMM Untuk Berobat

Pemdes Sukahati saat mengevakuasi lansia yang dikurung selama enam bulan. Lansia tersebut langsung dibawa ke RSMM untuk mendapat pengobatan. Age | Pakar

CITEUREUP – Akibat faktor usia, seorang lansia berusia 90an bernama Ibu Siti mengalami kepikunan sehingga terpaksa dikurung oleh anak kandungnya sendiri ditengah perkebunan di Kampung Malingping, Desa Sukahati, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor.

Anak kandung, Kia mengatakan bahwa ibunya sudah mengidap penyakit pikun sudah cukup lama sekitar 1 tahun kurang lebih. “Kami sudah mengajak ibu untuk tinggal dirumah bersama kami, tapi si ibu terus kabur kaburan dengan meminta untuk pulang kerumah lama. Dan bahkan si ibu juga berjalan sampai wilayah Kecamatan Babakan Madang,” katanya.

Ia mengatakan bahwa ibunya lebih betah tinggal dirumah yang lama, dibanding bersama mereka. Kadang jika tinggal bersama dengan anak-anaknya, Lansia itu selalu memberontak, sehingga sulit untuk merawatnya.

“Ibu tinggal disaung tersebut sudah 6 bulan kurang lebih, memang sengaja kita kurung. Agar si ibu tidak terus menerus kabur kaburan, lalu untuk perawatannya. Saya rutin menjenguk ibu dalam sehari 2-3 kali, dan juga memberi makan dan memandikan si ibu,” ungkapnya kepada Pakar Online, Kamis (5/8/2021).

Kia pun mengaku bahwa pihaknya mengalami hambatan ekonomi untuk membawa sang ibu berobat dan terpaksa mengurung beliau di tengah perkebunan yang jauh dari pemukiman penduduk.

Sementara itu Kepala Desa Sukahati, Endang Gunawan mengatakan bahwa dirinya mendapatkan informasi dari Ketua RT bahwa ada salah satu warganya yang mengidap penyakit pikun sehingga terpaksa dikurung pihak keluarga di saung yang berada jauh dari pemukiman warga.

“Untuk langkah kedepan saya akan rencana membawa ibu tersebut kerumah sakit marjuki untuk mendapatkan perawatan, dan semoga beliau mendapatkan pengobatan lalu dapat sembuh,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.