Edi Koswara: KNPI Harus Mampu Menjadi Pelopor Kemandirian Pemuda

Edi Koswara, Koordinator Wilayah Utara PK KNPI dari DPD KNPI Kabupaten Bogor. (Fahri | Pakar)

RUMPIN – Bonus demografis yang akan dialami Indonesia, tentu akan banyak melahirkan kaum milenial atau generasi muda yang potensial untuk melanjutkan pembangunan di segala bidang.

Untuk itu diperlukan konsolidasi, sinergitas dan kemauan semua pihak guna membangun kapasitas pemuda Indonesia.

Hal ini diungkapkan Edi Koswara, selaku pengurus DPD KNPI Kabupaten Bogor dan Koordinator Wilayah Utara PK KNPI. Menurutnya, potensi sumber daya pemuda saat ini sangat baik dan sangat mumpuni jika diarahkan kepada program program solutif, inovatif, kreatif dan berkesinambungan.

“KNPI adalah wadah atau rumah besar bagi pemuda. Maka sangat perlu untuk diberikan ruang bagi semua pengurus KNPI untuk berkiprah dalam bidang apapun guna membangun kemandirian pemuda,” ungkap Edi Koswara, saat ditemui dalam salah satu giat Muscam PK KNPI di wilayah utara Kabupaten Bogor.

Ia memaparkan, kepengurusan DPD KNPI maupun PK KNPI untuk periode mendatang memiliki peran strategis bagi keberlanjutan pembangunan khususnya di tiap Kecamatan atau umumnya di Kabupaten Bogor. Hal ini dikarenakan adanya momentum-momentum politik tingkat nasional maupun daerah.

“Pemuda harus tampil sebagai figur pemersatu, pelopor kemajemukan dan kemandirian. Terlebih KNPI adalah satu wadah organisasi dari lintas warna. Jadi sangat penting peran sertanya dalam menciptakan kondusifitas wilayah agar pembangunan tetap berjalan,” paparnya.

Edi Koswara menambahkan, soliditas dan sinergitas baik antara internal kaum pemuda maupun dengan stakeholder sangat penting untuk terus dikuatkan agar pemuda mampu membangun jati diri dan kemandirian nya dalam segala bidang kehidupan bernegara, berbangsa dan bermasyarakat.

Ia menyebutkan, saat ini dari beberapa giat Muscam PK KNPI di wilayah utara, terlihat mulai aktif sejumlah OKP yang menjadi wadah organisasi pemuda. Hal ini menurutnya, menunjukkan semangat pemuda untuk ikut aktif berkiprah dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat.

“Maka sesuai arahan Ketua DPD KNPI Kabupaten Bogor, semua PK KNPI yang terpilih diarahkan agar mengoptimalkan dan melibatkan seluruh potensi pemuda dan OKP yang ada, untuk masuk dalam struktur kepengurusan PK KNPI,” tandas Edi Koswara. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.