Duh, Masih Banyak Warga Kabupaten Bogor yang Buang Air Sembarangan ke Sungai

Ilustrasi buang air sembarangan ke sungai. IST

CIBINONG – Pekerjaan rumah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor untuk menjadi daerah yang maju di Indonesia masih sangat besar. Potret itu salah satunya terlihat dari banyaknya masyarakat yang masih membuang air secara sembarangan.

Berdasarkan data yang diperoleh, dari 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor hanya satu yang kini warganya tidak lagi membuang air sembarangan atau Open Defecation Free (ODF), itu adalah Kecamatan Nanggung.

Sementara secara jumlah desa, tercatat baru 245 desa di Kabupaten Bogor yang telah ODF dari 416 desa yang ada.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, Intan Widayati menjelaskan, desa-desa yang tercatat telah ODF itu dikarenakan sekitar 20 persen di antara warganya masih membuang air sembarangan seperti di sungai.

“Kami di dinas kesehatan bersama Bappedalitbang, terus mengedukasi masyarakat tentang menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta menyiapkan sarana MCK komunal agar seluruh bisa telah ODF,” kata Intan kepada wartawan, Minggu (19/11/2023).

Selain itu, Intan mengungkap kondisi belum ODF nya sebuah desa juga terjadi karena belum memiliki fasilitas pendukung seperti MCK atau akses ke jamban sehat.

Dia mengklaim jika upaya untuk pemenuhan fasilitas itu terus dilakukan oleh Pemkab Bogor.

Namun, kata Intan, untuk memaksimalkan hal tersebut perlu kolaborasi. Tidak hanya setiap dinas melainkan juga peran dari perusahaan termasuk masyarakat.

“Bisa pemerintah lewat Dinas PUPR, CSR perusahaan atau mandiri dari setiap warga. Jadi memang ini perlu kolaborasi antara sektor, baik pemerintah maupun swasta, diimbangi dengan kesadaran masyarakat untuk pola hidup bersih dan sehat,” jelas Intan. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.