Dua Sekolah Terdampak Gempa di Cianjur Batal Dibangun, Ini Sebabnya


CIANJUR – Sebanyak 125 sekolah dasar (SD) yang tercacat di lingkungan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten (Disdikpora ) Kabupaten Cianjur yang rusak akibat gempa bumi, hanya ada 2 SD yang batal dibangun oleh pihak Kementrian melalui Dinas PUTR diwilayah Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur.


Informasi yang berhasil dihimpun, sebelumnya, sekolah dasar (SD) tersebut dikabarkan berada dalam patahan sesar Cugenang atau masuk kedalam zona merah sehingga tidak bisa dilakukan pembangunan dan akan dipindahkan atau direlokasi. Dua SD tersebut, diantaranya SDN Cugenang dan SDN Girijaya diwilayah Kecamatan Cugenang.


Plt Disdikpora Kabupaten Cianjur melalui, Kepala Bidang (Kabid) SD Disdikpora Kabupaten Cianjur Aripin, membenarkan jika dari sebanyak 125 sekolah dasar (SD), ada 2 SD yang rusak akibat gempa bumi batal dibangun pihak Kementrian PUTR.

Pasalnya kedua sekolah SD tersebut, berada masuk kedalam zona merah.
Hingga saat ini, pihaknya sudah berkoordinasi dengan intansi terkait soal batalnya relokasi dua Sekolah, yakni SDN Cugenang dan SDN Girijaya. “Memang kita sudah berkordinasi dengan Kementrian, dan SDN Cugenang tidak akan di relokasi. Dalam waktu dekat SDN Cugenang akan segera tangani pihak Kementrian PUPR,” terang Aripin, belum lama ini.


Menurutnya, kepastian terkait batalnya relokasi setelah hasil kajian dari BMKG yang mana memperbolehkan dua SD itu dibangun kembali di wilayah tersebut. “Awalnya SDN Cugenang akan direlokasi sesaui dengan arahan BMKG, namun setelah ada pembaruan lagi terkait zona merah ternyata sekolah itu tidak masuk zona bahaya, sehingga bisa untuk dibangun kembali,” ujarnya.


Dia mengaku berdasarkan catatan di Disdikpora Kabupaten Cianjur, ada sebanyak 125 sekolah dasar (SD) yang mengalami rusak berat, telah diperbaiki oleh Kementerian PUPR. “Untuk sekolah rusak sedang dan ringan itu akan diperbaiki dengan program lain, seperti dari CSR, DAK dan lainya,” pungkasnya. NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.