Dua Bangunan Komersial di Puncak Dibongkar Rata Dengan Tanah

CISARUA – Dua bangunan penginapan di Puncak, Kabupaten Bogor diratakan menggunakan alat berat berjenis excavator milik Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Hotel Pondok Ciburial Indah (PCI) di Desa Tugu Utara dan Villa Riverside di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor berdiri diatas sungai Ciliwung hingga melanggar aturan pemerintah daerah dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dirjen Pengendalian, Penertiban Tanah dan Ruang Kementerian ATR/BPN, Ariodilah Virgantara mengatakan, ini salah pelanggaran penataan ruang yang melanggar peraturan daerah serta Kementerian PUPR terkait dengan sempadan sungai

“Ini dikhawatirkan karena sungai akan terganggu karena adanya bangunan, ini sudah lama sejak beberapa tahun lalu,” ungkapnya, Selasa (29/11/22).

Ia menuturkan, dengan total 13 bangunan yang melanggar pihaknya saat ini baru menindak lanjuti lima bangunan, tentunya pihaknya akan melakukan tindakan terhadap beberapa bangunan yang melanggar.

“Yang sudah teridentifikasi di tahun 2021 ada 13 bangunan di tahun ini sudah ada lima bangunan yang dibongkar,” katanya.

Sementara, Kasat pol-pp Kabupaten Bogor, Cecep Imam mengatakan, hari ini pihaknya didampingi oleh dinas terkait, TNI, Polri serta kementerian ATR/BPN menindaklanjuti bangunan yang tidak memiliki izin dan melanggar sempadan sungai.

“Dua banguna tersebut Hotel PCI di Desa Tugu Utara dan riverside di Desa Jogjogan, akan tetapi sebetulnya sasaran pembongkaran banguna bukan hanya dua banguan saja akan tetapi ada delapan bangunan yang akan kita eksekusi,” ujarnya.

Ia mengatakan, penertiban tersebut tentunya harus taat administrasi dan membutuhkan kajian oleh dinas-dinas terkait juga berkoordinasi dengan kementerian PUPR.

“Saya berharap kepada masyarakat yang berada di kawasan Puncak hal ini salah satu peringatan bagi masyarakat yang memiliki bangunan yang melanggar sempadan jalan tentunya kami akan melakukan penertiban,” tutupnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.