Drama PKL Sodetan, Tiga Kali Dibongkar dalam Dua Bulan

0
73

BOGOR – Tangis haru warnai pembongkaran puluhan lapak pedagang kaki lima Sodetan di jalan masuk Pasar Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu (14/11/2018) siang.

Satu unit kendaraan alat berat bercat kuning, tanpa ampun menggilas lapak semi permanen yang baru sebulan dibangun.

Sebelum proses eksekusi dilakukan, ratusan personel Satpol PP Kabupaten Bogor yang didampingi puluhan anggota polisi bersenjata laras panjang, sempat dihadang para pedagang dan BEM Unida.

Mereka meminta pembongkaran tidak dilakukan karena dinilai tidak adil. Namun, upaya tersebut tak berhasil, dan eksekusi tetap dilakukan.

“Kami bukan tidak mau dibongkar, tapi mengapa Bupati Bogor Nurhayanti hanya memerintahkan PKL Sodetan saja yang dibongkar, sedangkan di dalam Pasar Cisarua juga banyak pedagang nangkring di area ruang milik jalan namun dibiarkan,” geram koordinator PKL Sodetan, Mukhtar kepada pakuanraya.com.

Selain itu, sambungnya, tepat di depan lapak PKL sodetan juga berdiri puluhan yang dibangun di ruang terbuka hijau (RTH), tapi sama sekali tidak pernah ditegur Satpol PP.

“Bukankah itu juga sama-sama melanggar, tapi kenapa tidak dibongkar. Ada apa ini, apa Satpol PP sudah masuk angin,” lantang dia.

Utek, begitu dia disapa, menyatakan keheranannya, PKL Sodetan yang memang diakuinya berdiri di area melanggar seakan benar-benar menjadi bidikan besar Pemkab Bogor. Padahal fisik lapak yang didirikan sangat kecil, dan tidak menjadi penyebab utama kemacetan di kawasan ini seperti yang ramai didengungkan.

“Lapak PKL Sodetan dalam dua bulan ditertibkan tiga kali. Kami para PKL Sodetan semuanya warga Cisarua, mau makan di daerah sendiri saja susah, apakah bupati punya solusi yang manusiawi,” ucapnya.

Kasatpol PP Kabupaten Bogor, Herdi mengatakan, sesuai tupoksi pihaknya menegakkan peraturan daerah. Karena PKL Sodetan dibangun di atas saluran air, maka tidak ada kata lain selain dibongkar.

“Yang jelas siapapun yang melanggar akan kita tertibkan, termasuk PKL yang berada di dalam Pasar Cisarua,” kata Herdi.

YUSMAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.