DPR Sebut Kementan Punya Sejumlah Pekerjaan Rumah untuk Tahun Depan

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Budhy Setiawan. IST

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Budhy Setiawan, menyebut bila Kementerian Pertanian (Kementan) pada periode mendatang memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang tidak ringan.

Untuk itu, Budhy berharap anggaran Kementan ini dapat diberikan proporsional supaya program program di Kementan bisa berjalan secara baik.

“Kami di komisi iv semuanya mendukung untuk peningkatan anggaran di tahun 2025 di kementerian pertanian. kita berharap bahwa apa yang disusun dalam pagu indikatif tahun 2025 ini berupa program kerja yang bisa dilanjutkan dengan cukup baik,” ujar Budhy kepada Wartawan, Kamis (20/06/2024).

Budhy mengatakan salah satu yang menjadi pekerjaan rumah Kementan di masa yang akan datang adalah mengantisipasi perubahan iklim yang terjadi dan semakin tidak menentu.

PR lain yang menjadi fokus dari Kementan adalah mengantisipasi terjadinya alih fungsi lahan dan gagal panen pada komoditas pertanian yang terjadi akibat perubahan iklim.

Untuk itu Budhy menyatakan kembali bila anggaran Kementan di periode yang akan datang perlu proporsional dan tentu perlu ada sinergitas antar semua pihak yang terlibat.

“Yang dilakukan pada tahun 2025 ini salah satu yang menjadi fokus adalah mengantisipasi perubahan iklim, kemudian mengantisipasi soal alih fungsi lahan dan juga soal gagal panen akibat perubahan iklim dan ini memerlukan dukungan anggaran yang proporsional dan kerja yang luar biasa dari jajaran kementan karena ini banyak hal yang menuntut kerjasama antar semua pihak,” katanya.

Politisi Golkar tersebut menegaskan siapapun nantinya yang ditempatkan sebagai Menteri Pertanian dan Dirjen yang ditempatkan bisa bekerja secara total.

Untuk mewujudkan hal tersebut tentu terdapat tantangan yang tidak mudah namun meski begitu Budhy optimis bila Kementan dapat bekerja secara maksimal untuk tahun depan.

“Untuk itu, siapapun Menterinya dan jajaran Dirjennya di Kementan bisa melakukan pekerjaan all out karena situasi kedepan ini sangat memerlukan tantangan yang luar biasa dan program yang disusun ini bisa menghasilkan output yang memuaskan selain itu tentu perlu sekali ada SDM yang berkualitas,” tutupnya. =MHD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.