DPMD Ancam Potong ADD Jika Desa Tak Bangun Posko Covid-19

Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), mewajibkan setiap desa di Kabupaten Bogor mendirikan Posko Penanganan Covid-19.

Kepala DPMD Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah mengatakan, kebijakan tersebut merupakan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 03 Tahun 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro di level pemerintah daerah.

Tujuannya, kata dia, agar penanganan Covid-19 di daerah bisa lebih maksimal. “Nantinya posko covid-19 di desa dan kelurahan ini, melibatkan TNI, Polri, tokoh agama, dan unsur relawan lainnya, untuk memantau perkembangan covid-19 di wilayah,” kata Renaldi, Rabu (17/2/2021).

Tak hanya instruksi Mendagri, dia menyebut jika Bupati Bogor juga mengeluarkan surat keputusan bernomor : 443/141/Kpts/Per-UU/2021, tentang PPKM Berbasis Mikro di Kabupaten Bogor.

Jika kedua perintah tersebut tidak dilaksanakan, Renaldi menegaskan akan memberikan sanksi tegas kepada pemerintah desa.

“Kalau posko penanganan covid-19 tidak dilakukan pemerintah desa, kami tentunya akan memberikan sanksi, berupa pemotongan anggaran dana desa (ADD),” tegasnya.

Untuk mekanisme pemberian sanksi, DPMD Kabupaten Bogor bakal melakukan hal tersebut pada tahap pencairan dana desa tahap dua.

“Jadi pada saat pencairan dana desa tahap pertama pemerintah desa tidak mendirikan posko penanganan covid-19, tahap kedua pencairan dana desa langsung kita evaluasi secara otomatis,” jelasnya.

Dia menilai, kebijakan sanksi pemotongan anggaran dana desa tersebut dilakukan, dikarenakan pada tahun ini, Pemkab Bogor memberikan kewenangan kepada desa untuk menggunakan anggaran dana desa demi memerangi covid-19 di wilayah.

“Karena pada tahun ini, pemerintah desa dipersilahkan untuk menggunakan dana desa kalau memang itu diperuntukan untuk penanganan covid-19. Jadi ketika desa tidak mendirikan posko penanganan covid-19 dana desanya akan kami evaluasi,” tandas Renaldi. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.