DPKPP Sudah Limpahkan 10 Bangli di Puncak Untuk Dibongkar Penegak Perda

Vila di kawasan Puncak. IST

CIBINONG – Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertahanan (DPKPP) Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika menegaskan 10 bangunan di sepadan sungai Ciliwung-Cisadane di kawasan Puncak sudah dilimpahkan ke Satpol-PP.

Pelimpahan ke-10 bangunan tersebut terkait agenda Kementrian ATR/BPN menertibkan bangunan yang berada disepadan sungai Ciliwung-Cisadane.

“Yang 10 bangunan vila ini lanjutan dari tiga bangunan yang sudah dibongkar pada tahun 2021 lalu,” ujar Ajat Rochmat saat dihubungi wartawan, Minggu (7/8/2022).

Kesepuluh Bangli ini, kata dia, dipastikan melanggar dan menjadi target pembongkaran setelah sebelumnya dilakukan pendataan dan penyidikan

“Setelah dari kami dilakukan pendataan dan penyidikan, dan dinyatakan melanggar, kami limpahkan ke Pol-PP untuk ditindaklanjuti,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Satpol-PP Kabupaten Bogor, Cecep Iman mengungkapkan, rencana pembongkaran bangunan yang berdiri di sepadan sungai Ciliwung ini lanjutan dari pembongkaran tahun sebelumnya.

Di tahun 2022 ini ada 10 bangunan vila yang menjadi sasaran pembongkaran. “Yang lima sudah siap, lima lagi masih akan dirapatkan, awalnya lima, ternyata kementerian ATR/BPN minta lima lagi,” ungkapnya

Kelima bangunan yang dipastikan akan dibongkar ini sebelumnya telah melalui rapat lintas dinas, seperti Dinas Penanaman Modal, Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Perumahan, kawasan Pemukiman, Pertanahan (DPKPP) dan inspektorat.

“Semua dinas terkait menyatakan kelima bangunan itu memang secara aturan melanggar dan tidak memiliki izin, dan sudah bisa ditertibkan,” ucapnya

Pembongkaran bangunan di sepadan sungai Ciliwung ini sebelumnya pernah dilakukan pada tahun 2021 lalu dengan membongkar tiga vila, 1 di Desa Batulayang Kecamatan Cisarua dan 2 di Desa Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Meski demikian, mantan Camat Babakan Madang ini belum bisa memastikan tanggal ataupun bulan. “Yang pasti dalam waktu dekat ini akan mulai eksekusi,” tandasnya. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.