DP Kabupaten Cianjur Sikapi Soal Pengunduran Diri Kadisdikbud

Ketua Dewan Pendidikan Cianjur Moch Ginanjar. (Ist)


CIANJUR—Terkait adanya isu Himam Haris akan mengudurkan diri dari posisi jabatannya sebagai kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Cianjur, dinilai Dewan Pendidikan (DP) Kabupaten Cianjur, tidak relevan atau tidak baik. Pasalnya, sebagai Kepala Disdikbub Cianjur, memiliki kewenangan untuk menata dan mengatur bawahannya ditingkat internal dalam sesuai dengan kopetensi dan kemampuan serta tantangan saat ini.


“Memang sebagai kepala dinas pak Himam Haris harus mampu mengantisipasi berbagai kebijakannya. Sesuai kewenangannya harus dapat menata dan mengatur ditingkat internal lingkungan Disdikbud Cianjur. Apapun alasannya harus bisa mengakomodir sesuai kopetensi, kemampuan dan tantangan saat ini. Pasalnya, dengan adanya issu yang beredar Himam Haris akan mengundurkan dari jabatannya itu, tidak akan menyelesaikan akar persoalan yang ada saat ini,” ungkap Ketua DP Kabupaten Cianjuur, Mochmad Ginanjar kepada wartawan, Kamis (18/11/2021).


Ginajar mengatakan sikap dan pernyataan pengunduran dari jabatannya sebagai kepala dinas itu, bukan merupakan solusi yang terbaik. Bahkan pernayatan pengunduran diri inilah yang akan dinilai buruk, oleh pemberi jabatan, karena tidak mampu menjalankan perintahnya.

“Jabatan itu, kan amanah dan kepercayaan dari sosok kepala daerah (Bupati-Red) yang seharusnya bisa dijaga dan dijalankan sesuai dengan regulasi dilingkungan Disdikbud Kabupaten Cianjur. Apalagi wilayah Kabupaten Cianjur, harus mengejar ketertinggalan IPK-IPMnya, karena Cianjur ada diperingkat ke 5 terbawah di Provinsi Jawa Barat (Jabar). Seharusnya bekerjasama dengan stakeholder yang selama ini, bisa membantu dan mempu mengejar ketertinggalan IPK/IPM tersebut,” tegasnya.

Sebaiknya, lanjut Ginanjar, dari sejak saat ini sebagai pemilik kebijakan dilingkungan Disdikbud Kabupaten Cianjur itu, intinya harus mempu mengurus semua kewenangannya ditingkat internal sesuai kopetensi dan kemampuan serta tantangan yang ada saat ini.

“Dari mulai setingkat Sekertaris, Kepala Bidang (Kabid) hingga Kepala Seksi (Kasi). Sesuai dengan keinginan dan kebijakan kepala daerah atau Bupati Kabupaten Cianjur, H Herman Suherman. Kami sebagai mitra atau patnersif, berkewajiban mempertanyakan apa yang menjadi alasannya, sehingga akan mengundurkan diri dari jabatannya,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Kadisdikbud Cianjur Himam Haris belum memberikan keterangan apapun. NDI/SYA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.