Dorong Wujudkan “Health Promoting School”, Pemkab Bogor Perkuat Sosialisasi Pelaksanaan UKS di Sekolah

CISARUA- Guna mendorong revitalisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di sekolah atau madrasah yang ada di Kabupaten Bogor menuju sekolah “Health Promoting School”, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor sosialisasi kampanye sekolah sehat sebagai penguatan pelaksanaan UKS di Kabupaten Bogor, yang berlangsung selama dua hari 26-27 Oktober 2023, di Hotel New Ayuda Cisarua Kabupaten Bogor.

Perlu diketahui bahwa, program Kampanye Sekolah Sehat (KSS) merupakan program yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi pada Agustus 2022 sebagai upaya untuk merevitalisasi UKS di seluruh sekolah yang ada di Indonesia, dengan fokus pada tiga sehat yakni sehat bergizi, sehat fisik dan sehat imunisasi.

Mewakili Sekda Kabupaten Bogor, Kabag Kesra Pedri Haryanto mengungkapkan, menciptakan lingkungan sehat di sekolah merupakan faktor penting untuk mendukung terciptanya proses belajar-mengajar yang baik, termasuk menopang pertumbuhan dan perkembangan siswa-siswi secara optimal baik fisik, psikologis, maupun sosial.

Menurutnya, upaya peningkatan kesehatan bagi peserta didik selama ini telah dilakukan melalui Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah, meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sekolah sehat. Namun upaya tersebut dirasa belum optimal, UKS lebih sering hanya terbatas pada pelayanan kesehatan darurat adapun upaya promotif, preventif, pembiasaan pola hidup bersih sehat masih dipandang kurang optimal karena kurangnya peran aktif dan keterlibatan pihak keluarga dan masyarakat.

“Saya harap rakor ini dapat berjalan efektif dan produktif untuk mendorong efektivitas program kampanye sekolah sehat, sehingga sekolah- sekolah di Kabupaten Bogor dapat menjadi “Health Promoting School”, yang mampu meningkatkan derajat kesehatan warga sekolahnya dalam proses belajar mengajar yang kondusif dan efektif agar masyarakat pendidikan yang sehat dan cerdas dapat terwujud,” tandasnya.

Kepala Bidang PAUD Disdik Kabupaten Bogor, Siswanto menerangkan, Kampanye Sekolah Sehat diimplementasikan melalui peningkatan pemahaman keteladanan dan pembiasaan sehingga menjadi budaya di sepanjang waktu dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan sekolah, keluarga maupun masyarakat.

Katanya dengan cara tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan kesehatan peserta didik. Terdapat pencatatan dan pelaporan kegiatan pelaksanaan implementasi usaha kesehatan sekolah. Serta dapat meningkatkan derajat kesehatan peserta didik sehingga mampu meningkatkan kemampuan belajar dan prestasi.

“Ini akan kami lakukan melalui literasi kesehatan, aktivitas fisik, pembinaan kader kesehatan sekolah, penjaringan kesehatan mulai dari SD/MI, SMP, SMA, SMK dan sederajat, kemudian imunisasi serta pemberian tablet tambah darah remaja putri,” pungkasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.