Dorong Pertumbuhan Ekonomi UMKM Sekitar, Solusi Bangun Indonesia Pabrik Narogong Raih 3 Penghargaan dari CFCD Foundation

Nur Lailiyah, General Affairs & Community Relations SBI Pabrik Narogong, Aman Al Mulk - Koperasi Swadaya PriBUMI dan Siti Sisri - Koperasi Sampireun, berfoto bersama setelah menerima penghargaan dari pihak CFCD Foundation. IST

KLAPANUNGGAL – Inisiatif PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) yang merupakan anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) untuk mendorong pembinaan dan pengembangan UMKM di sekitar area operasional Pabrik Narogong, membuahkan hasil gemilang dengan diraihnya tiga penghargaan UMKM Award dari Corporate Forum for CSR Development (CFCD) Foundation yang didukung oleh Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, Sabtu, 29 Juni 2024 di Auditorium Binakarna, Jakarta.

Dalam ajang kali ini, SBI Pabrik Narogong berhasil meraih penghargaan di dua kategori yaitu, Penghargaan Pembina UMKM Terbaik (kategori Gold) serta UMKM Terbaik (kategori Gold) untuk program Koperasi Swadaya PriBUMI dan Koperasi Sampireun. Hadir mewakili perusahaan, Nur Lailiyah, General Affairs & Community Relations Manager SBI Pabrik Narogong menyampaikan, dalam menjalankan aspek bisnisnya, Perusahaan selalu berupaya untuk menempatkan keberlanjutan sebagai prioritas utama termasuk pengelolaan program dampingan bagi masyarakat sekitar area operasional.

“Penghargaan ini bukan hanya bentuk nyata komitmen perusahaan untuk mencapai Target Pembangunan Berkelanjutan 2030, tetapi bagaimana kami juga ingin membangun ekosistem kewirausahaan yang komprehensif dan inklusif di lingkungan masyarakat sekitar, agar semakin banyak UMKM yang merasakan pertumbuhan ekonomi secara sirkular,” tutur Laily.

Laily menambahkan, dalam prosesnya, pengembangan kelompok UMKM binaan ini membutuhkan kolaborasi, sinergi dan pendekatan yang baik untuk membangun kepercayaan dan kemitraan.

“Kami berupaya untuk melakukan pendekatan strategis agar mereka bisa mendapatkan dukungan yang tepat dalam bentuk pelatihan, penggunaan teknologi, pembiayaan, akses ke pasar hingga jasa katering, yang dapat memajukan UMKM binaan secara berkelanjutan,” sambungnya.

Pemberdayaan Masyarakat yang Berbasis Peningkatan Kesejahteraan

Dalam menghadapi tantangan pembangunan berkelanjutan, peran masyarakat sangat berpengaruh dalam mendukung keberhasilan operasional. Karena itu, SBI Pabrik Narogong terus melakukan berbagai insiatif keberlanjutan pada program CSR (Corporate Social Responsibility) yang berfokus pada tiga pilar utama, yaitu sosial, ekonomi serta lingkungan.

Salah satunya dengan berdirinya Koperasi Swadaya PriBUMI dan Koperasi Sampireun yang dapat memberikan dampak positif berkesinambungan bagi semua pihak.

“Awal tujuan pendirian koperasi ini adalah untuk memberikan kemudahan akses bagi masyarakat mengembangkan kemampuannya dalam mengelola usaha yang dibangun dan mengatasi tantangan yang dihadapi,” ungkap Laily.

Koperasi Swadaya PriBUMI merupakan sebuah koperasi simpan pinjam bagi masyarakat dan pemangku kepentingan sekitar serta menjadi mitra utama SBI Pabrik Narogong dalam pelaksanaan program CSR. Dalam perjalanannya, Koperasi Swadaya PriBUMI telah memiliki anggota lebih dari 8.500 orang dan terus mengajak peran serta masyarakat untuk sadar dan peduli terhadap lingkungan guna meningkatkan kualitas alam demi generasi mendatang.

Sedangkan Koperasi Sampireun bertujuan untuk menjadi pusat pengembangan UMKM di Kecamatan Klapanunggal.

Hingga kini, kedua koperasi tersebut semakin bertumbuh dan menjadi mitra dari para pemangku kepentingan SBI Pabrik Narogong sekaligus pusat pengembangan kemampuan berwirausaha para pelaku UMKM di Kecamatan Klapanunggal, sehingga dapat menghasilkan karya-karya yang inovatif dan bermanfaat.

“Mendorong pembinaan UMKM bukan hanya tentang memperbaiki bisnis individu, tetapi juga tentang menciptakan dampak positif yang luas bagi masyarakat dan negara secara keseluruhan. Semoga SBI Pabrik Narogong dapat terus memberikan dukungan yang berkelanjutan demi mewujudkan #MasaDepanYangKitaMau”, tutup Laily. =DRN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.