Dorong Pemasaran Kopi Arabika Paseban Bogor, FH UI Gelar Sosialisasi Setifikasi Halal

MEGAMENDUNG – Dalam rangka mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat FH UI kali ini membahas tentang Sosialisasi Sertifikasi Halal bagi Kelompok Tani Kopi Arabika Paseban. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan Kampung paseban, desa megamendung, kecamatan megamendung, Kabupaten Bogor.

Sosialisasi ini disampaikan kepada Kelompok Tani Paseban Mandiri oleh tim Pengabdian Masyarakat FH UI yang terdiri atas Ali Abdillah, Fawzi Muhtadi, Diah Maharani Kartika, dan Mutiara Husna Wahono. Dalam sosialisasi tersebut, tim pengabdian masyarakat menyampaikan urgensi keberadaan sertifikat halal bagi keberlangsungan usaha para petani. Selain itu, tim pengabdian masyarakat juga memberikan hibah berupa mesin pemotongan rumput berdasarkan kebutuhan para petani untuk membantu meningkatkan kualitas dan hasil produksi kopi Arabika Paseban.

Sosialisasi yang diikuti oleh puluhan Petani ini dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat FH UI untuk membantu peningkatan penjualan hasil produksi kopi arabika di Kampung Paseban Desa Megamendung lewat kepemilikan sertifikat halal. Hal ini dikarenakan sertifikat halal menjadi tanda bahwa kehalalan dari suatu produk telah terverifikasi oleh Majelis Ulama Indonesia yang diharapkan dapat memberikan rasa aman bagi masyarakat selaku konsumen untuk membeli suatu produk.

“Rasa aman dan nyaman bagi konsumen atas barang yang dijual merupakan kunci utama penjualan dari suatu produk yang dalam pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam bentuk sertifikasi halal sebagaimana diatur pada Pasal 3 Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Dengan kondisi tersebut, keberadaan sertifikat halal bagi para petani kopi arabika akan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk membeli suatu produk. Lebih lanjut berdasarkan Pasal 53 ayat (2) huruf a Undang-Undang tersebut menyebutkan bahwa masyarakat memiliki peran dalam melakukan sosialisasi Jaminan Produk Halal, maka hal tersebut juga menjadi salah satu tugas kami pada hari ini” terang Ali Abdillah selaku Dosen FH UI sekaligus Ketua Tim Pengabdian Masyarakat FH UI.

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh FH UI disambut dengan baik oleh Kelompok Tani Paseban Mandiri selaku sasaran dari kegiatan ini. Kegiatan ini sangat berguna bagi para petani untuk memperluas pengetahuan tentang cara-cara yang dapat ditempuh untuk memperlebar pasar penjualan. Selain itu, para petani juga dapat memahami secara utuh proses pelaksanaan dari sertifikasi halal yang dilakukan.

“Kami sebagai petani kopi arabika sangat terbantu dengan penyelenggaraan kegiatan ini. Kami mendapatkan banyak sekali pengetahuan baru yang diperlukan untuk mengembangkan usaha yang kami miliki. Pengetahuan berupa sertifikasi halal yang diberikan dalam sosialisasi ini dapat langsung kami terapkan di lapangan untuk meningkatkan penjualan dari hasil produksi kami,” jelas Adi Kusmiadi selaku Ketua Kelompok Tani Paseban Mandiri. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.