Dorong Budaya Literasi Sejak Dini, HMR Buka Pos Rumah Baca dan Sekolah Keliling

Pengurus HMR dan para tamu undangan berfoto bersama saat giat grand opening rumah baca dan sekolah keliling. Fahri | Pakar

RUMPIN – Anak-anak semakin cepat beradaptasi dengan teknologi dan komunikasi sehingga lupa akan kewajiban nya dalam belajar terutama dalam hal membaca.

Kondisi ini membuat sejumlah mahasiswa asal Kecamatan Rumpin yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Rumpin (HMR) tergerak hati dan membuat inovasi.

Bersama dengan berbagai pihak yang ikut serta berkontribusi, HMR mewujudkan satu gagasan program yaitu Rumah baca dan Sekolah Keliling. HMR menggelar giat Grand Opening Rumah baca dan Sekolah Keliling bertema “Menuju masa Emas Rumpin” dengan melestarikan gemar membaca pada anak.

“Acara grand opening Rumah Baca dan Sekolah Keliling ini dihadiri oleh 35 anak dari kalangan SD, TK, dan prasekolah dan digelar di dua lokasi sekaligus, yakni di Sekretariat HMR Desa Sukamulya dan di Danau Pagam Desa Cibodas, Kecamatan Rumpin,” ungkap Ketua HMR, Ibnu Sakti Mubarok, Minggu (4/4/2021).

Giat grand opening rumah baca dan sekolah keliling ini dihadiri pula oleh beberapa aparatur pemerintahan setempat. Panitia pelaksana giat juga memberikan hiburan dengan mendatangkan tiga badut, sehingga membuat nyaman anak – anak yang hadir.

“Saya sangat mendukung adanya kegiatan pos rumah baca, apa lagi dalam kondisi Covid-19 yang sampai saat ini masih belum bisa teratasi,” ungkap Yuli, seorang pengurus BPD Desa Suakasari.

Ia menambahkan, saat ini banyak anak – anak yang seharusnya belajar online, tapi malah bermain game online. Hal ini menurutnya karena kurangnya perhatian dari orang tua serta tudak adanya pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Makanya saya sangat mendukung adanya program pos rumah baca dan sekolah keliling dari HMR di wilayah Kecamatan Rumpin. Tapi harus tetap menjaga prokes ketat. Saya harap HMR bisa terus memjadi inspirasi bagi para generasi muda lainnya,” ungkap Yuli dalam sambutannya.

Selain ketua BPD, Kepala dusun Desa Sukasari Rw 07 pun ikut serta hadir dan menyampaikan bahwa beliau sangat mendukung akan diadakannya Rumah baca dan Sekolah Keliling yang di gagas oleh HMR ini.

Ara Hasanah, Koordinator Rumah Baca dan Sekolah Keliling HMR menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang mendukung program tersebut.

Ia memaparkan, tujuan adanya pos rumah baca dan sekolah keliling ini bertujuan memingkatkan budaya literasi sebagai penyeimbang dari digitalisasi zaman khususnya di wilayah Kecamatan Rumpin terutama di kalangan anak-anak.

“Untuk itu mohon dukungannya agar pos rumah baca dan sekolah keliling bisa terus berjalan dan mencapai tujuan yang di harapkan dengan sebaik mungkin,” kata Ara. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.