Dominasi Gerindra dan Golkar Terganggu, Deklarasi PKS Bisa Jadi Poros Partai Islam di Pilkada

Agus Salim, Kader PKS yang akan dimajukan pada Pilkada Kabupaten Bogor. (Dok.PAKAR)

CIBINONG – Keputusan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS dengan menetapkan Agus Salim sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) Bogor pada kontestasi Pilkada mengubah peta politik di Kabupaten Bogor.

Pengamat Politik Universitas Djuanda (Unida), Gotfridus Goris Seran menyampaikan bahwa rekomendasi tersebut telah mengganggu dominasi Gerindra dan Golkar yang sementara berada di tataran atas jelang Pilkada Kabupaten Bogor.

“Rekomendasi DPP PKS dan deklarasi PKS untuk Agus Salim sebagai kandidat F1, saya lihat ini akan mengubah peta kontestasi pilkada yang selama ini terkonsentrasi pada Golkar Jaro Ade versus Gerindra Iwan Setiawan atau Rudy Susmanto,” kata Seran, Selasa (25/6/2024).

Seran menilai PKS memiliki kekuatan untuk mengubah situasi tersebut. Apalagi dengan loyalitas pendukungnya yang memposisikan PKS berada di kursi pimpinan DPRD Kabupaten Bogor.

Tak hanya itu, Seran menyebut Agus Salim yang merupakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor dan mantan ketua DPD PKS Kabupaten Bogor itu sangat bisa mengubah dominasi Golkar dan Gerindra.

Sebab, Agus Salim yang juga dikenal sebagai seorang pemuka agama itu, bisa membentuk komisi partai-partai Islam, yakni PKB, PPP dan PKS.

“Bacaan saya, justru keputusan politik PKS akan mengubah peta pertarungan selama ini. Akan terbentuk poros baru yang mengagregasi partai-partai Islam: PPP, PKS, dan PKB,” jelas Seran.

PPP, kata dia, sangat mungkin mampu menjadi mesin utama dalam mengakomodir kekuatan dua partai Islam lainnya. Ditambah, jejak kemenangan partai berlambang Ka’bah di Pilkada Kabupaten secara beruntun di tiga periode.

“PPP akan menggerakkan kekuatan ini.Sehingga tampil duet Elly Yasin-Agus Salim,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor, Dedi Aroza menyebut bahwa Agus Salim telah ditetapkan sebagai kader yang akan diusung dalam Pilkada.

Saat ini, kata dia, Agus Salim tinggal hanya menunggu Surat Keputusan (SK) dari DPTP PKS.

“Alhamdulillah, satu nama sudah diputuskan (untuk Pilbup Bogor 2024) yaitu Pak Agus Salim. Tinggal menunggu SK Cabup Bogor dari DPTP PKS,” kata Dedi kepada wartawan belum lama ini. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.