Dokter Frits Curhat Cerita Duka Nakes Ketika Pandemi Covid-19

Dokter Frits M. Rumintjap, Komisaris Utama PT. Pelita Medika Sentosa sekaligus pemilik RS. Sentosa, Kecamatan Kemang. IST

KEMANG – Komisaris Utama PT Pelita Medika Sentosa sekaligus owner RS. Sentosa, Dokter Frits M. Rumintjap mengaku, peristiwa pasien yang hendak melarikan diri dari ruang isolasi, hanyalah satu dari sekian cerita dan pengalaman duka tenaga medis dalam menjalankan tugas pelayanan kesehatan di saat pandemi Covid-19.

“Soal pasien yang berusaha keluar dari ruang isolasi, telah kami tangani dan dipastikan tidak ada kontak langsung dengan siapapun. Ini bagian cerita suka duka kami melayani pasien Covid-19,” ungkap dokter Frits, sapaan akrabnya, Jumat (19/2/2021).

Kolonel purnawirawan TNI AU ini mengungkapkan, sangat banyak suka duka tim medis dan non medis di fasilitas pelayanan kesehatan termasuk di RS Sentosa, dalam menangani pasien Covid-19.

“Banyak hal yang pernah kami alami, antara lain, pasien covid meninggal dunia sudah kami antarkan dan sidah dimakamkan, eh besok nya disuruh dipindahkan makamnya, karena masalah keliru lokasi pemakaman akibat keyakinan. Pahit benar, sampai sejauh itu,” paparnya.

Lalu adapula jenazah pasien covid, lanjutnya, sudah disiapkan sesuai prosedur di ruang jenazah, mobil jenazah dan semua tim sudah siap, tiba-tiba dijemput paksa pihak keluarga pakai mobil luar dan pihak RS tidak bisa berbuat apa-apa.

“Dua kejadian itu sudah kami laporkan ke Satgas Covid yang lebih tinggi tingkatannya. Namun tetap no action. Justru semua kendala itu diserahkan dan dikembalikan lagi urusannya ke pihak RS,” ucap Frits dengan nada suara agak berat.

Mantan Direktur RS AURI ini menambahkan, cerita duka yang paling parah dan berat bagi pihak RS adalah klaim biaya penanganan Covid-19, sejak bulan Desember 2020 sampai sekarang, belum diselesaikan (dibayar) oleh pihak Kementerian Kesehatan.

“Masih banyak lagi cerita duka kami. Namun begitu, kami para nakes dan pihak RS Sentosa, tetap ikhtiar serta ikhlas dan selalu membesarkan hati juga memotivasi semangat nakes untuk terus bekerja maksimal dan profesional,” pungkasnya. =FRI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.