Dojo Yong Mu Kwan Siap Harumkan Indonesia di Kejuaraan Dunia Seri Kedua

Tim pelatih bersama para atlet Yongmoodo dari Dojo Yong Mu Kwan berfoto bersama, Kamis (14/10/2021). IST

BOGOR – Perhelatan kejuaraan dunia olahraga militer Yongmoodo seri kedua bertajuk 2nd Youth Martial Arts Masterschips 2021 sudah dimulai secara virtual, Kamis (14/10/2021), malam.

Perwakilan Indonesia, Dojo Yong Mu Kwan yang bermarkas di Jalan Tangkuban Perahu, Taman Kencana, Kota Bogor menurunkan enam petarung binaannya, dan berharap bisa lolos ke final, dan menang untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Pada acara virtual tersebut, anak asuh dari Danang R Manaf didampingi guru besar Kim Kyoung Hwan jebolan The Martial Reasarch Institute Yong In University Korea.

“Kejuaraan dunia sudah dimulai secara virtual. Saya optimis anak asuh saya bisa lolos ke final,” kata Danang R Manaf Ph.d, pemegang sabuk hitam DAN IV dari Korea Yongmoodo Association dan World Yongmoodo Commitee.

Danang yang juga pelatih dan merupakan praktisi bela diri Aikido, Hapkido, Taekwondo, Juijitsu, serta Judo itu menjelaskan, dirinya lebih percaya diri jika para petarungnya tampil langsung di Korea, tidak melalui virtual. “Ya, ini karena dampak pandemi jadi kejuaraannya online. Saya pribadi lebih optomis jika para atlet ini main di Korea langsung,” sambung pria jebolan Harvard ini.

Enam petarung yang diturunkan Dojo Yong Mu Kawan di antaranya Ryan wahyuaji, Muhammad Winarta, Risky Alfian, Mochamad Zakky Nurrahman, Feri Fadilaah Firdaus, dan Rizki Ramadhan.

“Penilaian juri nantinya dari fighting full seperti dasar-dasar pukulan, tendangan, tangkisan, dan kuncian. Pada seri pertama kami bisa meraih tiga medali. Untuk seri dua ini, kami harus lebih baik lagi,” sambungnya.

Berbicara mengenai pesaing terberat, Danang menjelaskan, tuan rumah tetap menjadi favorit. Selain Korea Selatan, dia memprediksi lawan tangguh nanti berasal dari Eropa seperti Jerman, Swedia, Polandia, Ukraina, serta Amerika Serikat. “Ini kejuaraan dunia, tapi saya yakin Indonesia bakal naik podium seperti kejuaraan seri pertama,” jelasnya.

Sementara itu, guru besar Kim Kyoung Hwan jebolan The Martial Reasarch Institute Yong In University Korea mengatakan, kans Dojo Yong Mu Kwan sangat terbuka untuk naik podium. “Peluang pasti ada, ini kejuaraan dunia, dan negara lain pasti sudah siap juga. Saya optimis, dari enam petarung ini akan masuk final,” kata Kim Kyoung Hwan.

Dia pun mempercayakan sepenuhnya kepada pelatih Dojo Yong Mu Wwan Danang R Manaf untuk melatih karena telah membuktikan bahwa di bawah asuhannya di kejuaraan Dunia Seri 1, atlet indonesia mampu naik podium dengan meraih medali perak. =AIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.