Dodi Setiawan ‘Melawan’, Minta Anita Cs Bersabar Soal Pemecatan Dirinya 

Jajaran petinggi DPC Demokrat Kota Bogor yang saat ini ketuanya Anita Primasari, saat melakukan kegiatan, beberapa waktu lalu. IST

BOGOR – DPP Partai Demokrat telah mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan Dodi Setiawan sebagai kader partai politik (parpol) berlambang bintang mercy. 

Bahkan, surat tersebut dibacakan saat Rapat Paripurna DPRD Kota Bogor, pada Senin (12/6/2023).

Menanggapi hal itu, Dodi meminta agar semua pihak termasuk Fraksi Demokrat DPRD Kota Bogor bersabar. 

Sebab, yang berhak memberhentikannya sebagai anggota DPRD adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

“Sebelum pemberhentian dari gubernur, saya tetap berhak menjadi anggota dewan. Sebab, gubernur yang anggota DPRD Kota dan Kabupaten,” kata Dodi kepada wartawan, Selasa (13/6/2023).

Kata Dodi, sejauh ini dirinya hanya tak mendapat alat kelengkapan DPRD, seperti badan musyawarah dan pansus-pansus saja. 

“Dan keputusan pemberhentian itu sudah dibantah oleh pimpinan DPRD dan ketua fraksi-fraksi di Banmus,” katanya.

Hal itu, sambung Dodi, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Atas dasar itu, mantan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bogor itu meminta agar Fraksi Demokrat DPRD Kota Bogor bersabar menunggu putusan dari gubernur.

“Jadi sabar dulu saja. Anita Cs (Ketua DPC Demokrat Kota Bogor saat ini) yang saya bantu jadi ketua DPC harus bersabar saja. Jangan terlalu tinggi syahwat mengeluarkan saya dari dewan. Jangan gegabah ini kan ada prosedurnya,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC Demokrat Kota Bogor Fery Dermawan membenarkan jika Dodi telah di-PAW seperti yang tertulis pada SK DPP.

“Dalam SK DPP yang bersangkutan diberhentikan secara tidak hormat,” ujar Fery kepada wartawan, Selasa (13/6).

Fery juga menyebut bahwa Dodi akan digantikan pemilik suara terbanyak kedua di Dapil Bogor Utara pada Pemilu 2019 lalu, yakni Syafei S.T.

Saat Pemilu 2019, kata Fery, Syafei S.T punya selisih suara 100-an dengan Dodi Setiawan.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.