DMI Imbau Seluruh Masjid di Kota Bogor Menyemarakan Malam Nuzulul Qur’an

KH Ade Syarmili, Ketua DMI Kota Bogor. (Ist)

BOGOR – Bulan ramadhan menjadi momentum meningkatkan ibadah dan ketakwaan kepada Allah SWT yang dilakukan oleh umat Islam.  Salah satu kegiatan di bulan puasa yang ditunggu-tunggu adalah nuzulul Qur’an setiap 17 ramadhan. Kegiatan nuzulul Qur’an dilaksanakan sebagai peringatan peristiwa bersejarah ketika pertama kalinya kitab suci Al Qur’an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril d Goa Hira, Mekah.

Seperti biasanya, kegiatan Nuzulul Qur’an juga dilaksanakan diseluruh masjid-masjid di Kota Bogor. Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Bogor, KH Ade Syarmili mengatakan, DMI Kota Bogor berkomitmen bulan Ramadhan ini bulan dakwah, bulan quran, jadi setiap masjid mengisi kegiatan kegiatan dalam rangka memberikan penguatan pengayaan terhadap keilmuan keagamaan masyarakat kota bogor. “Maka kita berkomitmen masjid sebagai sentrum dakwah,” ujarnya.

Kedua, lanjut Ade, ramadhan sebagai bulan alquran, para peringatan Nuzulul Qur’an, masjid harus menjadi sentral Alquran, yaitu jangan menjauhi dari membaca alquran, menjauhi dari hukum hukumnya, menjauhi dari mempelajarinya, menjauhi dari penafsiran nya, menjauhi dari mengamalkannya. 

“Nah kita tidak ingin kondisi ke lima ini ada kepada umat muslim di kota bogor, maka kita konsentrasikan berbagai kegiatan yang ada di kota bogor ini kembali kepada sahrul quran di Ramadhan ini. Oleh karenanya, momentum Nuzulul quran menjadi momentum untuk kita mengevaluasi sejauh mana kita telah membaca quran. Nah kita memberikan sebuah mitigasi kepada masyarakat kota bogor agar kembali kepada lima sadar itu (membaca, mempelajari, menafsirkan, sadar terhadap hukum quran, mengamalkan quran). Mudah mudahan ini menjadi sebuah daya penarik bahwa bogor menjadi kota yang diberkahi Allah SWT,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, DMI Kota Bogor juga mengimbau diseluruh wilayah Kota Bogor seluruh kegiatan keumatan dipusatkan di masjid. Tidak hanya kepada peringatan malam nuzulul quran saja, tetapi harus sepanjang hari, sepanjang malam mentadaruskan alquran. Ini adalah momentum untuk menggelorakan cinta alquran dan menyemarakan nuzurul Qur’an di Kota Bogor.

“Peringatan itu hanya entri poin saja untuk kita cinta kepada alquran. Maka dari ini kami mengajak di momentum ini untuk cinta kepada alquran, membaca dan memahami kandungan didalam alquran. Semarak Nuzulul Qur’an di Kota Bogor akan menjadi simbol kemajuan umat Islam berbasis Al Qur’an di Kota Bogor. Insyaallah untuk acara puncak Nuzulul Qur’an di Kota Bogor nanti, akan dilaksanakan pada 28 Maret 2024, bertepatan dengan peresmian Masjid Agung Kota Bogor,” pungkasnya. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.