DLH Pergoki Pembuang Limbah di Karangtengah, Kasusnya Ditangani Polda Jabar

CIANJUR – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur berhasil memergoki pembuangan limbah industri di kawasan Kecamatan Karangtengah. Diduga limbah tersebut berasal dari pabrik tekstil PT Pulau Mas diwilayah Majalaya Bandung.

Kepala Seksi Penegakan Hukum DLH Cianjur, Didin Solihin, mengatakan temuan itu berawal dari informasi masyarakat yang kerap menemukan karung berisi limbah dibuang sembarangan.

“Setelah itu kami pantau, dan tadi malam kita pergoki ada truk yang membuang karung di wilayah Karangtengah. Setelah dicek ternyata berisi limbah dari IPAL perusahaan,” ujar Didin, saat dihubungi melalui telepon selular, Jumat (5/3/2021).

Menurutnya total ada 16 karung limbah yang akan dibuang sembarangan. Dari keterangan sopir truk, lanjut Didin, limbah tersebut diambil dari perusahaan di Kabupaten Bandung Barat. “Informasi sopirnya dari Pabrik Tekstil di Majalaya Bandung. Belasan karung berisi limbah itu dibuang di Cianjur dengan sengaja,” ungkapnya.

Didin mengatakan pihaknya masih menelusuri informasi perusahaan yang membuang limbah tersebut. Namun informasinya dari PT Pulau Mas. “Informasi sopir dari PT Pulau Mas. Tapi kita belum bisa memastikan. Kita juga sedang lakukan pengujian apakah terdapat kandungan zat berbahaya dalam limbah tersebut,” tuturnya.

Didin menambahkan DLH akan memperketat pemantauan untuk mencegah pembuangan limbah antar daerah ke lingkungan. Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan kepolisian. “Kita akan perketat. Untuk kasus kali ini sudah ditangani pihak Polda Jawa Barat, karena Pabriknya berada diluar Cianjur,” pungkasnya. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.