DLH Gandeng UPTD Warungkondang Tebang dan Pangkas Pohon Rawan Tumbang

Petugas UPTD PUTR Cianjur saat menangani pohon tumbang di wilayah Desa Sukawangi Kecamatan Warungkondang-Cianjur. Esya | Pakar

CIANJUR—Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur bekerjasama petugas UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah II Warungkondang dikerahkan untuk memangkas dan menebang pohon kering dan telah lapuk. Hal ini, dilakukan sebagai antisipasi pohon tumbang akibat sering terjadinya hujan deras dan angin kencang beberapa pekan ini.


Informasi yang berhasil dihimpun, DLH Kabupaten Cianjur bersama UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah II Warungkondang tersebut, menebang dan memangkas pohon – pohan yang rendah tumbang disaat terjadi hujan deras dan angin kencang dari sejak Minggu (5/5/2024) hingga Senin (6/5/2024) disepanjang kawasan jalan Kabupaten, Provinsi dan Nasional, seperti di jalan, Perintis Kemerdekaan – Jebrod, Jalan KH Abdulah Bin Nuh, jalan Pasirhayam hingga Rancagoong- Sukawangi dan jalur jalan Cianjur-Sukabumi.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur melalui Kepala Seksi (Kasi) Pengendali Dampak Lingkungan (Pedal-DLH) Kabupaten Cianjur Lia Amelia Sadiah mengaku jika pihaknya tengah bekerjasama dengan Dinas PUPR-UPTD Pemeliharaan Jalan Wilayah II Warungkondang, memangkas dan menebang pohon-pohon rawan tubang pada saat terjadi hujan deras dan angin kencang.


“Memang saat ini, kita sedang memangkas dan menebang jenis pohon-pohon rawan tumang. Apalagi pohon-pohon yang ada dikaki- kanan jalan yang sudah lapuk dan kering disepanjang jalan Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Namun, saat akan melakukan penebangan dan pemangkasan di jalur kawasan Provinsi sering bertentangan aturannya sendiri. Meskipun kita sudah melakukan koordinasi dengan pihak Balai UPTD Provinsi,” kata Lia kepada wartawan Senin (6/5/2024).


Kepala Balai PUTR UPTD Wilayah Pemeliharaan Jalan Wilayah Warungkondang Dikdik Sodikin membenarkan jika pihaknya tengah melakukan kerjasama penebangan dan pemangkasan pohon-pohon yang rawan tumbang dengan DLH Kabupaten Cianjur, disepanjang ruas jalan Kabupaten, Provinsi dan Nasional.


“Selama ini, kami bersama DLH Kabupaten Cianjur, memang sedang melaksanakan penebangan dan pemangkasan pohon-pohon yang rawan tumbang, terutama yang telah lapuk dikawasan jalan Kabupaten, Provinsi dan Nasional. Selain memangkas dan menebang pohon, kami sedang melakukan pemeliharaan jalan diruas jalan peteuy condong –Cijoho Warkon dan jalan Garung-Cirumput, wilayah Kecamatan Cugenang,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.