Ditandai dengan Stiker, Rumah Kosong Ditinggal Mudik Jadi Fokus Pengawasan Polisi

Ilustrasi rumah ditinggal mudik. IST

CIBINONG – Kepolisian Resor (Polres) Bogor memperketat pengawasan dan pengamanan rumah warga jelang mudik lebaran 2024 dengan menugaskan para personelnya patroli 1×24 jam.

Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengatakan, pengamanan tersebut dilakukan untuk meminimalisir tindak kejahatan pencurian terhadap rumah warga yang kosong ditinggal mudik.

“Seluruh anggota Polri harus melakukan patroli 1×24 jam, agar rumah-rumah kosong warga yang ditinggalin nanti dipantau,” ungkap Rio, Kamis (4/4/2024).

Rio memastikan para personelnya sudah menginventarisir titik-titik rawan terjadinya kejahatan selama libur lebaran.

Dari hal tersebut, kata dia, pihaknya juga memberikan tanda berupa stiker pada setiap rumah yang dianggap rawan disatroni penjahat. Tujuannya, agar nanti rumah tersebut mendapatkan pengawasan ekstra dari pihak kepolisian.

“Stiker bahwa rumah ini kosong berarti harus mendapat perhatian khusus dari Babinsa, babinkamtibmas yang ada di wilayah masing-masing,” jelas Rio.

Rio mengungkap saat ini pihaknya pun tengah melakukan pemetaan dan pendataan terkait warga yang hendak melakukan mudik lebaran.

“Jadi tindakan kejahatan selama libur lebaran itu harus diantisipasi. Kita minimalisir agar masyarakat yang mudik bisa merasa aman,” tegasnya.

Terpisah, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

“Pastikan rumah terkunci dan aman saat ditinggal mudik nanti. Kalau bisa meminta tolong tetangga untuk mengawasi rumah juga,” kata Rudy.

Menurut dia, meningkatkan kewaspadaan sangat diperlukan mengingat potensi kejahatan bisa terjadi saat rumah dalam keadaan tak berpenghuni.

Sebab, kata dia, meski ditinggal sebentar, rumah kosong bisa mengundang aksi kejahatan pembobolan, maka kewaspadaan tetap perlu ditingkatkan dan jangan lengah.

“Para pelaku kejahatan selalu memanfaatkan kesempatan sekecil apapun dalam menjalankan aksinya,” jelas Rudy. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.