Diskominfo Cianjur Pastikan Aplikasi Resmi Pemkab Aman Dari Ransomware

CIANJUR – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Cianjur memastikan aplikasi resmi milik Pemkab Cianjur aman dari serangan ransomware.

Diketahui, ransomware adalah varian malware berbahaya yang digunakan oleh peretas untuk mengunci akses ke data korban dan meminta uang tebusan untuk pemulihannya.

Sekretaris Diskominfo Cianjur, Gagan Rusganda mengatakan, serangan ransomware tidak berpengaruh terhadap aplikasi resmi milik Pemkab Cianjur. Hal tersebut karena servernya dipastikan memiliki kekuatan penangkal.

“Aplikasi yang dibuat oleh Pemkab Cianjur disimpan di PDNS 1 Batam sehingga tidak terkena ketika PDNS 2 Surabaya kemarin terinfeksi Ransomware Lockbit 3.0,” kata Gagan, Selasa, (2/7/2024).

Sampai saat ini, lanjut Gagan, aplikasi milik Pemkab Cianjur masih berjalan seperti biasa. Namun tim IT Pemkab Cianjur tetap mewaspadai dari berbagai macam gangguan.

“Kegiatan backup data juga dilakukan oleh Tim Aptika,” ujarnya.

Gagan mengungkapkan, ada satu aplikasi nasional yang saat ini terkena dampak dari Ransomware.

“Saat ini yang masih terkena dampak adalah Aplikasi Srikandi dari Arsip Nasional yang kita gunakan dalam proses surat menyurat elektronik,” pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.