Dishub Klaim Kantong Parkir Truk Tambang Mampu Urai Kemacetan

TENJO – Uji coba rekayasa lalulintas di kantong parkir truk tambang di Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor, berjalan sesuai harapan serta dinilai mampu mengurai kemacetan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor, Dadang Kosasih mengaku, akibat sudah dioperasionalkan kantung parkir, seputar Jalan Raya Moch Toha Parung Panjang sampai Bunar, saat ini sudah mulai landai dari kemacetan akibat mobilitas truk tambang. “Intinya, di tiap-tiap ruas dilewati, saat ini kondisinya sudah landai dari kemacetan, dan semoga tidak terjadi kemacetan lagi di sana,” terang Dadang.

Selama uji coba, dilakukan pemantauan arus lalu lintas selama uji coba operasional kantong parkir menggunakan metode hybrid, yaitu dengan pemantauan kondisi lalu lintas melalui google maps dan juga pengecekan secara langsung dengan tim patroli personil Dishub Kabupaten Bogor. “Kondisi lalu lintas kini menjadi landai, karena kendaraan angkutan tambang saat ini terpusat parkir di kantong parkir perbatasan Desa Ciomas Tenjo, dan Desa Gorowong, Parung Panjang,” tutur Dadang.

Ia juga menjelaskan, saat ini kepadatan lalu lintas hanya di area-area tertentu, yaitu pada sekitar Simpang Salimah dan sekitar Perlintasan Sebidang Kereta Api Jl. Moch Toha, dikarenakan pada area-area tersebut terdapat jalan rusak.

Namun jalan itu sudah diperbaiki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, semoga tidak lagi ada kemacetan. Saat ini keberadaan kantong parkir baru bisa menampung 500 kendaraan dan dianggap masih kurang. “Jadi kita buatkan rekayasa lainnya, kalau sudah kendaraan itu tidak tertampung, kita masukkan ke kantong parkir swadaya. Tapi, batasannya sampai di kantong parkir pom bensin. Tidak jauh ke depan, artinya tidak masuk ke perumahan,” jelas Dadang.

Ada tiga penyetopan yang di lakukan. Pertama, di kantong parkir Desa Gorowong, kedua di Jagabaya, terakhir di kantong parkir pom bensin Lumpang, dan rekayasa ini sudah cukup efektif. Saat ini pun penerangan di area kantong parkir sudah ada, Pemerintah Provinsi Jawa Barat memasang enam titik PJU. “Sarana dan prasarana di kantong parkir sudah mulai dipenuhi secara bertahap. Setelah uji coba ini dikatakan berhasil, selanjutnya akan dipatenkan sesuai Perbup Bogor 56 tahun 2023 soal aturan jam operasional angkutan tambang,” pungkasnya. FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.