Disebabkan Gaya Hidup, Ratusan Anak Muda di Bogor Terserang Stroke

CIBINONG – Selama satu tahun, Ratusan orang pada usia muda di Kabupaten Bogor kini terserang penyakit Stroke atau penyakit pembuluh darah otak, Selasa (28/11/2023).

Kepala Bidang Pelayanan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Adang Mulyana mengatakan bahwa penyakit stroke ini pada tahun 2023 mengalami peningkatan dan didominankan pada usia muda.

“Anak muda sangat rentan beresiko terkena stroke, dan untuk tahun 2023 ini kita Dinas Kesehatan mencatat ada sebanyak 321 orang dan didominankan oleh usia muda 30-40 tahun lalu sisanya pada usia 60 tahun,” katanya kepada PAKAR, pada Selasa 28 November 2023.

Ia mengakui bahwa pada tahun 2023 sekarang kasus pengidap penyakit stroke mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2022 sebelumnya.

“Kita akui tahun ini sedang mengami kenaikan mungkin apakah dulu tidak terlaporkan atau tidak diperiksa karena sekarang sudah tercatat. Dan usia produktif sangat mudah terkena serangan stroke,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bahwa penyakit stroke ini disebabkan karena life style atau gaya hidup yang dilakukan masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari tanpa memperbanyak aktivitas.

“Penyebabnya terserang penyakit stroke ini karena life style dan juga berpengaruh kepada pola makan terutama pada serba cepat atau instan. Dan anak muda juga biasanya sangat rendah untuk melakukan kontrol kesehatannya dan itu lah menjadi penyebab mengapa usia muda sangat rentan terkena stroke,” jelasnya.

Maka dari itu Adang meminta kepada masyarakat untuk menjaga pola makan, lalu lebih meningkatkan aktifitas dan sering melakukan skrining atau pemeriksaan.

“Untuk mengatasi serangan stroke harus sering melakukan skrining kemudian melakukan kontrol kepada dokter spealish saraf dan jangan lupa untuk hidup sehat, serta sering berolahraga,” tukasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.