Disdik Tegaskan Pembangunan Gedung Baru SMPN di Tajurhalang

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah. (Age | Pakar)

CIBINONG – Bukan Cibinong atau Citeureup, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor tegaskan pembangunan gedung baru SMP Negeri berada di wilayah Kecamatan Tajur Halang di Tahun 2023 mendatang.

“Pembangunan gedung baru SMP Negeri di tahun 2023 itu wilayah Kecamatan Tajur Halang bukan Cibinong ataupun Citeureup. kata Kadisdik Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah kepada PAKAR.(29/11)

Lanjut ia mengatakan untuk selanjutnya pembangunan gedung baru yang akan menjadi prioritas ditahun 2024 mendatang yakni diwilayah Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

“Selanjutnya Kecamatan Ciampea yang kemungkinan besar akan ada pembangunan gedung baru SMPN Negeri ditahun 2024 mendatang, tetapi kita perlu mencari lahannya terlebih dahulu,” ucapnya.

Juanda Dimasnyah membantah pernyataan Dapil I DPRD Kabupaten yang memastikan bahwa pembangunan gedung baru SMP Negeri di wilayah Cibinong dan Citeureup akan diprioritaskan ditahun 2033 mendatang.

“Tidak bisa begitulah, sebab untuk pembanguanan SMP Negeri di Cibinong dan Citeureup itu kita tidak bisa memastikan apakah akan dibangun ditahun 2023 atau bagaimana karena diwilayah tersebut masih dalam proses kajian lebih lanjut oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bogor dan untuk kondisi lahannya pun kita masih belum ada,” tegasnya.

Dirinya menyebutkan pengadaan lahan untuk rencana pembangunan SMP Negeri di Kecamatan Cibinong dan Citeureup masih dalam proses.

“Kita harus membeli lahan dulu kalau mau pembangunan SMP Negeri di Cibinong dan Citeureup, sedangkan untuk membeli lahan saja harganya sekarang sudah mahal sekali bahkan kita bisa membeli lahan yang luasnya 6.000-7.000 meter saja bisa menghabiskan APBD Rp 20 miliar lebih,” terangnya.

Tak hanya itu dirinya menjelaskan untuk pengadaan lahan perlu ada kajian lebih matang untuk rencana pembangunan SMP Negeri di Cibinong dan Citeureup.

“Lahannya dulu harus lebih jelas tapi kita harus membuat teknis jangan sampai membeli lahan yang salah, apakah memungkinkan atau tidak dengan masuk zonasi dan mana saja lahan yang sangat memungkinkan untuk rencana pembangunan SMP Negeri,” jelasnya.

Pemberitaan sebelumnya Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Agus Salim dari Fraksi PKS ngotot untuk pembangunan SMP Negeri di Cibinong dan Citeureup harus disegerakan.

“Antusiasi keinginan masyarakat sangat luar biasa dan ada beberapa jalur pendidikan yang akan menjadi prioritas pembangunan misalnya SMPN 4 Citeureup dan SMPN 5 Cibinong akan terealisasi secepatnya, bahkan kita merencanakan tahun ini akan ada pembelian lahan agar ditahun depan tinggal proses pembangunan,” katanya.

Dirinya juga merespon usulan Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor yang akan memprioritas pembangunan SMPN 2 Tajur Halang dan Ciampea.

“Kalau Disdik prioritaskan pembangunan SMPN Tajur Halang dan Ciampea silahkan, karena yang punya hak budget itu kami. Dua wilayah Citeureup dan Cibinong ini sudah mengusulkan sejak tahun 2019, sejak kami duduk di bangku DPRD dan kami juga sudah berulang kali bersurat,” tegasnya.

Dirinya menyampaikan bahwa saat ini merupakan masa terakhir DPRD Kabupaten Bogor dan tengah mewakilkan Ketua DPRD yang sempat tidak hadir saat Reses DPRD Dapil I.

“Ini masa terakhir kami, mohon maaf saya mewakilkan ketua karena ketua tidak dapat hadir di reses kemarin. Terkait pembangunan SMPN 4 Citeureup dan SMPN 5 Cibinong akan kita pastikan dengan memperjuangkan terealisasi ditahun 2023 mendatang dan ini komitmen kami di Dapil I,” tandasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.