Disdik Fokus Tingkatkan RLS di Wilayah Pinggiran Kabupaten Bogor

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah. (Age | Pakar)

CIBINONG – Dinas Pendidikan (Disdik)
Kabupaten Bogor, menyebut wilayah pinggiran Bumi Tegar Beriman menjadi wilayah terendah dalam angka Rata-rata Lama Sekolah (RLS).

Disdik pun akan lebih fokus meningkatkan
angka RLS di wilayah tersebut.

“RLS paling terkecil itu bukan di daerah perkotaan tetapi di wilayah pinggiran. Seperti Jasinga, cigudeg, sukajaya, sukamakmur, cariu, dan tanjungsari. Jadi mereka ini tingkat pendidikannya itu rata-rata lulus sekolah dasar (SD) yang penyebabnya ada beberapa faktor salah satunya ekonomi,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Juanda Dimansyah, Rabu (10/8/2022).

Dalam upaya ini, Disdik Kabupaten Bogor menargetkan masyarakat yang putus sekolah sejak SD dengan rentang usia 25 tajun ke atas.

“Target kita itu jumlah jenjang SD yah pendataan 25 tahun ke atas. Sekarang sedang kami data di setiap kecamatan,” kata Juanda.

“Pendataan ini akan seterusnya berjalan melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) agar angka rata-rata lama sekolah dapat meningkat,” imbuhnya.

Diketahui, angka RLS di Kabupaten Bogor saat ini baru mencapai 8,31 tahun, jauh lebih rendah dibandingkan RLS secara nasional yakni 8,54 tahun. =AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.