Disdik Bakal Tinjau SDN Tarikolot 01 dan Usulkan Rehab Ruang Kelas Jadi Prioritas

CIBINONG – Usai usulan rehabilitasi ruang kelas, Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor bakal meninjau SDN Tarikolot 01 yang berada di Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Kepala Seksi (Kasie) Rehab SD Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Yanto Pradipta mengaku pihaknya telah mendapatkan laporan adanya usulan rehabilitasi ruang kelas SDN Tarikolot 01 tersebut.

“Sudah kita terima laporannya, tapi kita hanya menunggu anggarannya saja untuk diperuntukan peningkatan ruang kelas SDN Tarikolot 01 dan insyallah secepatnya akan terealisasi dan akan menjadi usulan prioritas,” katanya.

Tak hanya itu dirinya bakal meninjau bangunan SDN Tarikolot 01 yang berada di Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Sebenarnya kita tidak menutup mata mengenai usulan, semuanya pembangunan itu selalu menjadi prioritas dan kita terkendala dari APBD bahwa ada 1.537 bangunan SD. Tetapi tahun ini kita memang sudah ada rencana untuk melakukan pendataan dengan menerjunkan beberapa pihak dari Disdik untuk turun kelapangan,” jelasnya.

Sementara itu pemberitaan sebelumnya, Kepala SDN Tarikolot 01, Rupiati mengaku bangunan sekolah miliknya telah rapuh dan sudah lama tidak mendapatkan rehabilitasi atau peningkatan ruang kelas dari Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor padahal pihaknya telah mengajukan usulan namun sampai saat ini belum juga terealisasi.

“Saya mengajukan 5 ruang kelas untuk direhab karena kondisinya sudah tidak layak bahkan banyak keramik dan atap sekolah yang mengalami retak hingga bocor-bocor. Tapi sampai sekarang belum juga direhab, walaupun kita sudah beberapa kali melayangkan usulan baik melalui Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dan langsung ke Disdik,” katanya.

Dirinya menyebutkan bahwa bangunan SDN Tarikolot 01 yang berada di Kelurahan Nanggewer Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor telah berdiri sejak tahun 1982-an dan terakhir mendapatkan rehab dibawah tahun 2010.

“Memang kita terakhir direhab ini sejak tahun 2010 seharusnya tahun kemarin kita mendapatkan tapi sampai sekarang belum juga terealisasi. Untuk SDN Tarikolot 01 kita membutuhkan rehab ruang kelas, pengadaan pagar baru, wc baru dan pengadaan ruangan uks,” ucapnya.

Tak hanya itu dirinya juga menambahkan pihaknya telah mengajukan segala usulan, bahkan telah mengubah data pokok pendidikan (Dapodik) sesuai prosedur Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor.

“Sudah kita usulkan semuanya bahkan sudah kita rubah juga prosedurnya tapi sampai sekarang tidak langkah dari Disdik, yah kita cuma menunggu saja semoga tahun depan kita mendapatkan rehab,” jelasnya.

Sementara itu salah satu orang tua murid, Tini mengatakan kondisi bangunan SDN Tarikolot 01 sangat memperhatinkan bahkan dapat membahayakan keselamatan siswa saat belajar mengajar.

“Pasti sangat kita sebagai orang tua murid cemas, karena kondisi sekolah yang memperhatinkan ini sangat membahayakan siswa. Apa lagi sekarang masuk musim penghujan dan cuaca disini agak extreme. Takutnya malah terjadi kejadian yang tidak dinginkan,” pungkasnya. AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.