Direncanakan Diresmikan Jokowi, Tim Pengawas Kemen-PUPR Kembali Pastikan Pekerjaan Bendungan

Kondisi terkini Bendungan Sukamahi. IST

MEGAMENDUNG – Tim pengawas pekerjaan umum pada Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen-PUPR) turun ke lapangan melakukan pengecekan detail pengerjaan Bendungan Sukamahi, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Selasa (2/8/2022)

Dua bendungan ini ditargetkan akan selesai pada September 2022 mendatang. Untuk itu, guna memastikan pekerjaan di dua proyek ini benar-benar siap, Kemen-PUPR melalui tim pengawas turun ke lokasi bendungan salah satunya Bendungan Sukamahi.

Pengawas PU Kementrian-PUPR Faizal Rian mengatakan, untuk proyek bendung Sukamahi oleh rekanan PT. Wika sudah masuk tahap finishing.

“Bendungan Sukamahi diproyeksikan rampung pada September 2022 ini, kami melihat tahapan pekerjaan sudah dalam tahap detailing bendungan,” ujar Faizal Rian.

Sebelumnya, kedua bendungan di kawasan Puncak ini sempat diinspeksi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk memastikan target penyelesaian hingga Agustus nanti, dimana pada September 2020 rencananya akan diresmikan langsung Presiden Joko Widodo.

Sementara, anggota Komisi V DPR RI Mulyadi memberikan kritik lambannya penyelesaian Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang menelan anggaran 1,6 triliun rupiah.”Harusnya di tahun 2020 itu selesai,” singkatnya.

Bendungan Ciawi dan Sukamahi diproyeksikan tidak hanya berfungsi mengontrol debit air kali Ciliwung untuk mengurangi potensi banjir di DKI Jakarta. Namun, akan menjadi obyek wisata ikonik yang akan dikelola secara profesional. =YUS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.