Dipertanyakan Nilai Pembebasan Lahan Bendungan Cijurey, Kadis DPKPP: Warga Tak Perlu Risau Tahun Ini Akan Dibebaskan 20 Hektar

Peta Pengadaan Tanah Bendungan Cijurey. IST

CIBINONG – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kabupaten Bogor meminta warga tak perlu khawatir soal dana pembebasan lahan rencana pembangunan Bendungan Cijurey, yang berada di Kecamatan Sukamakmur, Cariu dan Tanjungsari.

“Ini kan bagian dari proyek nasional dan kebijakan nasional atau pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum yang seluas 203,9 hektar dan ini salah satu perjuangan kita dari 10 tahun yang lalu. Maka cukup baik untuk Jabupaten bogor apabila ada keseriusan pelaksanaan pembangunan Bendungan Cijurey,” kata Kepala DPKPP Kabupaten Bogor, Ajat Rochmat Jatnika kepada PAKAR, Selasa (9/8/2022).

Dia menambahkan, pembebasan lahan akan diinformasikan secara terbuka kepada warga, termasuk aparatur pemerintah desa.

“Saat ini kita sedang mengumpulkan berapa lahan bidang yang akan dibebaskan tahun ini, karena pembebasan lahan ini itu secara bertahap dan di bulan november mendatang akan ada pelaksanaan hak,” imbuhnya.

Ajat menyebutkan bahwa untuk saat ini skala prioritas pembebasan lahan dengan strategi yang diambil seluas 203,9 hektar tidak langsung sekaligus. Namun, caranya secara bertahap dikarenakan anggaran tersebut memiliki keterbatasan.

“Jadi bukan 203,9 hektar sekaligus bakal dibebaskan, tetapi bakal ada tahapan-tahapan untuk pembebasan ini. Misal tahun ini atau tahap awal itu 20 hektar terlebih dahulu dan nantinya akan ada perubahan anggaran ke depan misal bisa 50 hektar,” jelasnya.

Ia meminta kepada masyarakat tidak perlu khawatir soal berapa dana anggaran pembebasan lahan untuk rencana pembangunan Cijurey di Desa Sukadamai, Sukaharja, Karyamekar dan Selawangi tersebut.

“Masyaeakat tidak perlu khawatir soal nilai dana hibah lahan ini. Jangan sampai ikhtiar kita puluhan tahun yang telah diperjuangkan sia-sia dengan nilainya. InsyaAllah kita akan membantu dengan ikut memperjuangkan,” tandasnya. =AGE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.