Dipakai Bayar Hutang, Mantan Kades di Cianjur Ditangkap Korupsi Dana Desa

CIANJUR – Polres Cianjur menangkap salah satu mantan Kepala Desa (Kades) karena diduga melakukan korupsi Dana Desa (DD). Mantan Kades Bunisari, Kecamatan Warungkondang, RH ditangkap terkait korupsi DD periode 2014-2019, ketika pelaku masih menjabat.

Kapolres Cianjur, AKBP Moch Rifai mengatakan, pelaku telah terbukti melakukan korupsi dan uang hasil korupsinya telah digunakan untuk membayar hutang. Korupsi DD itu terjadi pada tahap III tahun anggaran 2019 lalu.

Berdasarkan hasil penyelidikan, sejumlah pekerjaan pembangunan berasal dari DD tidak dilaksanakan, diantaranya, rencana pembangunan TPT dan irigasi dengan nilai anggaran Rp 106 juta dan fasilitas pengelolaan sampai senilai Rp 139 juta tidak dilaksanakan. Selain itu ada juga pembangunan yang nilainya di mark up, sehingga ditemukan selisih yang cukup besar.

“Jadi ada dua temuan, yang pertama terkait markup proyek dan rencana pembangunan yang tidak direalisasikan padahal sudah teranggarkan,” jelas Kapolres saat konfrensi pers di Mapolres Cianjur, Rabu (24/2/2021).

Menurutnya, tindak korupsi yang dilakukan mantan kades tersebut mengakibatkan kerugian negara dengan mencapai Rp 300 juta. “Uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi,” kata dia.

Atas perbuatannya, RH dijerat pasal 2 ayat (1) dan pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi. “Ancaman hukuman 20 tahun penjara,” tegasnya.

Kepada awak media, tersangka RH mengaku uang dana desa tersebut digunakannya untuk membayar hutang. Ia mengungkapkan bahwa terkena penipuan, sehingga untuk menutupi hutangnya, akhirnya uang desa digunakannya.

“Dipakai untuk bayar hutang. Anggaran tahun ini digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan di tahun sebelumnya. Sampai akhirnya di akhir masa jabatan saya sudah tidak bisa lagi menutupi, rumah pun susah dijual. Jadi pekerjaannya tidak selesai,” akunya. NDI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.