Dinsos Bakal Bina Anak Jalanan yang Meresahkan Warga Ciawi

Empat anak di bawah umur diamankan Satpol-PP Kecamatan Ciawi, kabupaten Bogor sedang mengisap lem di Gang Amaliah. (Firman | Pakar)

CIAWI – Dinas Sosial Kabupaten Bogor bakal membina sejumlah anak jalanan dengan melakukan pendekatan secara persuasif guna diberikan arahan agar tidak lagi berkeliaran di jalan.

Baru-baru ini, Satpol PP Kecamatan Ciawi berhasil mengamankan anak jalanan yang sedang mengisap lem Aibon di Gang Amaliah, Kecamatan Ciawi.

“Kami dari Dinas Sosial Kabupaten Bogor meminta peran orang tua, karena ini kan pasti ada trauma healingnya juga. Dinsos hanya bergerak saat ada kejadian, dan mengarahkan ke rehabilutasi,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Mustakim, Rabu (29/6/2022).

Mustakim menuturkan, rehabilitasi ini tidak spesifik ke hal-hal yang seperti itu. Rehab, sambung dia, lebih kepada tindakan untuk recovery. “Jadi, hanya dititipkan kepada yayasan-yayasan yang terdaftar di kesejahteraan Dinas Sosial. Tidak spesifik untuk menangani hal itu saja,” jelasnya.

Ia menegaskan, jangan sampai nanti menjadi bahan pembahasan seolah-olah pihaknya lepas tanggung jawab menyikapi hal ini.

“Karena kita tidak mendapatkan informasi terkait anak tersebut, kalau sudah tahu nama dan alamatnya, nanti akan kita rekam medis. Nanti kita akan cari tau kenapa anak tersebut kembali ke kelompoknya. Kita tidak punya wewenang untuk penangkapan,” jelasanya. =FIR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.