Dinkes Tekankan Soal PHBS Masyarakat, Cegah Hepatitis Akut

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, meminta masyarakat untuk meningkatkan dan menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah Hepatitis akut di Kabupaten Bogor.

“Kuncinya adalah menjaga PHBS kita. Seperti mencuci tangan dengan sabun, dan memakan makanan yang sehat,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina, Jumat (13/5/2022).

Mike menjelaskan, gejala Hepatitis akut hampir mirip dengan Hepatitis A, B, C, D dan E. Yakni, demam disertai diare, mual, muntah dan sakit perut.

“Termasuk warna mata dan kulit yang menguning, lalu kejang serta kesadaran menurun. Itu harus diwaspadai, terutama bagi masyarakat yang punya balita,” tuturnya.

Jika ditemukan gejala awal yang disebutkan, Mike mengimbau masyarakat untuk membawa pasien ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk pertolongan pertama.

Dia juga berharap para orang tua lebih memperhatikan anak-anaknya. Terutama makanan atau jajanan yang dikonsumsi anak.

“Juga disarankan menggunakan alat makan sendiri atau tidak begantian dengan orang lain,” jelas Mike.

Kendati demikian, Mike mengaku belum mendapatkan laporan atau menemukan kasus Hepatitis akut di Kabupaten Bogor.

“Belum ada, Tapi yang jelas kami sudah melakukan antisipasi dengan membentuk tim penyelidikan epidemiologi (PE) dan mensosialisasikannya ke rumah sakit dan puskesmas,” tandas Mike. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.