Dinkes Sediakan 300 Vial Vaksin Covid-19 di 15 Pos Pengamanan Nataru

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Katarina. (Khaerul Umam | Pakar)

CIBINONG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bogor, menyediakan 300 vial vaksin Covid-19 jenis Inavac dan Indovac di setiap pos pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Kepala Dinkes Kabupaten Bogor, Mike Katarina menjelaskan, penyediaan vaksin tersebut dilakukan untuk masyarakat yang ingin melaksanakan vaksinasi di tengah kondisi Covid-19 yang terjadi secara nasional saat ini.

“Kami sediakan 300 vial vaksin atau untuk 3.000 orang. Ini kami sebar ke 15 pos pengamanan nataru terutama pos-pos besar seperti di Gadog, Ciawi. Karena untuk yang pos kecil itu bisa langsung ke puskesmas,” jelas Mike, Kamis (28/12/2023).

Untuk jumlah kasus Covid-19 di Kabupaten Bogor sendiri sepanjang Desember 2023 itu sebanyak 117 orang.
Dengan jumlah kasus tertinggi itu terjadi pada 11 Desember yakni 11 kasus dan 27 Desember 10 kasus.

“Namun dari 117 kasus tersebut yang saat ini masih aktif ada 41 orang. Dan mereka semua melakukan isolasi mandiri, tidak di rumah sakit,” jelas Mike.

Dinkes mencatat, kasus tersebut terjadi kepada masyarakat yang rata-rata memiliki mobilitas tinggi dengan aktivitas kerja di luar Bogor, seperti Jakarta.

“Dan selain vaksin, kami juga menyiagakan 4 tenaga kesehatan di setiap pos Nataru tersebut. Kami harap semua berjalan aman,” kata Mike.

Sementara, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bogor, Adang Mulyana mengatakan, kasus Covid-19 itu paling tinggi menyerang kepada mereka yang belum vaksin sama sekali dan juga belum melaksanakan booster.

“Jadi rata rata yang kena Covid-19 saat ini, itu yang pernah vaksin 1-2, dan ada juga yang belum sama sekali vaksin. Tapi kalo yang vaksinnya sudah sampai booster itu gak kena,” kata Adang.

Dengan kondisi itu, Dinkes Kabupaten Bogor pun berharap masyarakat bisa lebih aktif untuk melakukan pencegahan. Baik dengan menerapkan hidup sehat, penggunaan masker saat ke tempat ramai ataupun dengan melakukan vaksinasi.

“Untuk di Kabupaten Bogor Covid-19 itu masih terkendali, hanya saja kita harus terus waspada. Sehingga kalau memang aktivitasnya tinggi, lebih baik gunakan masker, lakukan pencegahan,” tandas Adang. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.