Dinas Sosial Siapkan Rp3 Miliar Untuk 20.000 Paket Sembako Bagi Warga Isoman

Bupati Ade Yasin saat memberikan bantuan sembako kepada warga Kabupaten Bogor. Khaerul Umam | Pakar

CIBINONG – Dinas Sosial Kabupaten Bogor, menyiapkan anggaran sebesar Rp3 miliar untuk membantu warga yang tengah menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) akibat terpapar Covid-19.

“Rencananya kita siapkan sekitar Rp3 miliar. Tapi kita lihat sesuai dengan kebutuhan, kalau warganya banyak yang membutuhkan pasti ditambah, tapi kalau kurang dari yang kita siapkan, kita keluarkan sesuai dengan data yang kita terima,” ujar Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Supriadi, Rabu (4/8/2021).

Dari Rp3 miliar tersebut, Supriadi mengungkapkan jika pihaknya akan menyiapkan sekitar 20.000 paket sembako untuk warga yang tengah isoman.

“Kita rencananya akan siapkan 20.000 paket untuk warga isoman dengan nilai per paketnya sebesar Rp150.000 ribu,” ungkapnya.

Distribusi paket sembako ini sudah dilakukan Dinas Sosial. Per 31 Juli 2021, Supriadi menyebut sembako yang sudah tersalurkan sebanyak 6.407 paket.

“Bantuan ini sudah tersebar di 40 Kecamatan di Kabupaten Bogor,” tuturnya.

“Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan warga saat isoman agar cepat sembuh. Kami juga harap dengan adanya bantuan ini, warga bisa lebih patuh terhadap aturan protokol kesehatan,” jelas Supriadi.

Disamping itu, Dinas Sosial Kabupaten Bogor juga masih terus melakukan pendistribusian Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial (Kemensos) kepada warga di Bumi Tegar Beriman.

“Ada 102.713 kepala keluarga di Kabupaten Bogor yang menerima BST ini,” ungkap Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Bogor, Djodi Anggoronadi.

Djodi mengatakan, BST Kemensos yang diberikan kepada warga Kabupaten Bogor ini sebesar Rp600 ribu. Kata dia, proses pendistribusian dilakukan secara door to door melalui Kantor Pos.

“Bantuan diberikan dalam dua tahap. Dimana setiap tahapnya kami distribusikan sebesar Rp300 ribu,” jelasnya.

Menurut Djodi, BST Kemensos ini merupakan bantuan periode Mei dan Juni 2021. Bantuan ini untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokoknya saat masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Dinas Sosial Kabupaten Bogor menargetkan pendistribusian BST Kemensos tersebut bisa selesai Agustus 2021.

“Semoga saja pendistribusian BST ini bisa selesai sesuai dengan target yang sudah ditetapkan,” tandas Djodi.=MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.