Dinas PUTR Cianjur Tebang Pohon Rawan Tumbang

Tampak petugas sedang melakukan penebangan pohon yang berpotensi tumbang dilakukan oleh Dinas PUTR Kabupaten Cianjur. Esya | Pakar


CIANJUR – Sebagai upaya antisipasi potensi kerawanan pohon tumbang Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, memangkas dan menebang pepohonan yang terdeteksi sudah cukup lapuk. Pasalnya kerawanan pohon tumbang akhir-akhir ini cenderung meningkat di Kabupaten Cianjur.


Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Cianjur, Eri Rihandiar, membenarkan jika situasi dan kondisi (Sikon) cuaca akhir-akhir tahun ini terbilang cukup ekstrem. Hujan deras yang kerap disertai dengan angin kencang dan petir. “Memang kondisi ini tentu berpotensi terhadap berbagai bencana. Salah satunya kerawanan pohon tumbang,” kata Eri kepada awak media Kamis (30/11/2023).


Dia mengatakan beberapa titik pepohonan tersebar di berbagai ruas jalan berstatus milik kabupaten. Namun saat ini, difokuskan ke upaya pencegahan pohon tumbang yang rata-rata berada di wilayah pusat kota Cianjur. “Saat ini memang pemangkasan dan penebangan pohon rawan tumbang sedang berjalan. Fokusnya saat ini masih di wilayah pusat kota. Sebagian lagi berada di luar wilayah kota,” terangnya.

Bahkan, Eri mengaku jika penanganan potensi kerawanan pohon tumbang dilakukan lintas sektoral dengan perangkat daerah teknis lain. Misalnya dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cianjur. “Selama ini, kami terus koordinasi dengan OPD (organisasi perangkat daerah) lainnya, untuk mencegah terjadinya pohon tumbang,” ujarnya.

Menurutnya berkaitan dengan potensi kerawanan tanah longsor yang mengancam infrastruktur jalan. Hingga saat ini belum ada laporan. Namun, kewaspadaan terhadap potensi tersebut tetap ditingkatkan mengingat curah hujan masih cukup tinggi. “Belum ada laporan ruas jalan yang tertimbun tanah longsor. Tapi itu yang di ruas jalan kabupaten. Kalau yang di perdesaan saya kurang begitu tahu,” pungkasnya. NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.