Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor Luncurkan Inovasi Klinik Berdikari

    Inovasi aplikasi Klinik Berkebun di pekarangan sendiri. IST

    CIBINONG – Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bogor meluncurkan inovasi berupa aplikasi Klinik Berkebun di Pekarangan Sendiri yang disingkat dengan nama “KLINIK BERDIKARI”.

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor, Sigit Wibowo, S.H, M.Si mengatakan bahwa Pemkab Bogor membutuhkan inovasi yang mampu ikut mendukung peningkatan ketahanan pangan nasional.

    “Adanya penciptaan inovasi mengenai ketahanan pangan sangat diperlukan terutama saat Pandemi Covid-19 kamarin dimana kita merasakan sendiri kesulitan dan adanya guncangan ekonomi dunia, untuk itu Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bogor ikut meluncurkan inovasi yang diberinama KLINIK Berdikari,” kata Sigit.

    Salah satu Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Ketahanan Pangan adalah memberikan edukasi kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan mulai dari tingkat keluarga, kemudahan aksebilitas dan ketersediaan pangan dengan memanfaatkan tehnologi internet untuk menyampaikan informasi, mengajak dan memberikan edukasi manfaat pekarangan tanpa batas waktu dan ruang di Kabupaten Bogor.

    Potensi Krisis pangan yang lambat laun diprediksikan akan mengancam ketahanan pangan secara umum di Indonesia dan khususnya dampak tersebut akan dirasakan langsung di unit terkecil di tingkat keluarga.

    Kemudian akibat Pandemi Covid -19 yang saat ini belum juga berakhir mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat dengan pembatasan aktivitas dan mobililitas menjaga protokol kesehatan untuk mencegah penularan virus yang semakin tidak mengenal usia dan tempat.

    Pandemi ini berdampak pada ketahanan pangan masyarakat, dan khususnya mengganggu upaya kita untuk menangani stunting secara nasional.

    Inovasi Klinik Berdikari ini menjadi upaya menangani dampak ekonomi yang mampu mendukung ketahanan pangan nasional secara kreatif dan inovatif. Adanya website Klinik Berdikari memberikan kesempatan masyarakat untuk dapat mengakses layanan konsultasi dan pelatihan urban farming. =ADV

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.