Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Luncurkan Inovasi Anjungan Pendaftaran Mandiri dengan “Rosma’

Aplikasi 'Rosma" dapat membantu mengoptimalkan pelayanan reservsi secara oline di tingkat Puskesmas. IST

CIBINONG – Puskesmas sebagai pelayanan publik dimana memberikan pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

Rervasi Online Puskemas (ROSMA) adalah aplikasi yang dimanfaatkan untuk melakukan reservasi dan antrian pasien mulai dari pendaftaran sampai dengan antrian di Poli secara online dengan menggunakan teknologi QR-Code yang memudahkan pengguna dalam memproses antrian pasien.

Dengan aplikasi ini Informasi antrian pasien juga bisa dilihat secara realtime dari aplikasi rosma sehingga pasien tidak perlu berkerumun di ruang tunggu pasien, dimana inovasi ini salah satu untuk meningkatkan pelayanan publik ditingkat puskesmas pada masyarakat.

Oleh karena itu salah satu cara untuk meminimalisir penumpukan antrian pasien dan untuk memakimalkan waktu pelayanan kepada pasien di puskesmas dengan Anjungan Pendaftaran Mandiri, dilatarbelakangi hal tersebut, maka diperlukan sebuah inovasi berupa aplikasi yang berfungsi untuk meminimalkan antrian pelayanan dan penumpukan pasien di puskesmas.

Dari 101 Puskesmas yang ada di Kabupaten Bogor dan survei kepuasan pelanggan di puskesmas mengatakan pelayanan di puskesmas yang cukup lama, sehingga muncullah ide untuk sebuah terobosan dengan APLIKASI ROSMA bagimana pasien bisa berkunjung ke puskesms dengan pelayanan yang dapat terukur.

Sebagai Inovasi dalam peningkatan pelayanan Publik dan kinerja di puskesmas serta peningkatan fungsi dari APLIKASI ROSMA, dilaksanakan pegembangan APLIKASI ROSMA di 3 (tiga) Puskesmas sebagai percontohan, dimana puskesmas yang dipilih Puskesmas Jonggol, Puskesmas Ciawi, Puskesmas Cirimekar.

Sosialisasi APLIKASI ROSMA dilaksanakan pada bulan Desember 2020 di tiga puskesmas Jonggol, Ciawi dan Cirimekar. Aplikasi ini cukup di apriasi untuk pelayanan di puskesmas, di mana APLIKASI ROSMA dapat membantu mengoptimalkan pelayanan reservsi secara oline di tingkat puskesmas. =ADV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.