Dilarang di Jakarta, Ondel Ondel Serbu Bogor

DRAMAGA – Pengamen ondel ondel Jakarta yang sejak 2018 lalu semakin marak kehadirannya di Kota dan Kabupaten Bogor. Keberadaan para pengamen ondel ondel itupun ternyata ada sebabnya. Karena di Pemprov DKI Jakarta ada larangan mengamen ondel ondel, lantaran boneka berukuran raksasa tersebut, merupakan produk seni budaya yang kini jadi ikon nya bagi kebudayaan Betawi.

Gani alias Penjol pengamen Ondel Ondel yang setiap dua hari sekali mengamen di kawasan Dramaga mengatakan, munculnya larangan pengamen Ondel Ondel di Jakarta sudah berlangsung sejak akhir 2017 lalu.

“Larangan itu diperkuat oleh Perda Nomor 4 tahun 2015 tentang pelestarian kebudayaan betawi serta Pergub Nomor 11 tahun 2017 tentang Ondel-ondel merupakan ikon Budaya Betawi dibarengi Pasal 39 (1) dan pasal 40 Perda Nomor 8 tahun 2007 tentang ketertiban umum,” kata Gani warga Kampung Melayu Jatinegara, Jakarta Timur.

Menurut dia, dengan kemunculan aturan tersebut, semua pengamen Ondel Ondelnya di Jakarta jadi tidak berani lagi beroperasi menelusuri gang sempit ataupun menelusuri sepanjang jalan raya besar di DKI. “Bisa bisa kami kena sangsi,” imbuhnya.

Masih kata Gani, kini jumlah pengamen Ondel Ondel Jakarta yang dua tahun silam hijrah ke Bogor, jumlahnya sudah mencapai puluhan. “Keberadaan tim kami di Bogor a yang ngamen di Kawasan Cibinong, Cileungsi, Ciawi, Cigombong, Tajur, kota Bogor bahkan di Dramaga sampai ke Ciampea dan Cibungbulang. Dalam sehari sambungnya, bisa mengantongi Rp. 200 ribu sampai Rp. 400 ribu,” jelasnya.

Terpisah, Camat Dramaga Ivan Pramudia menyatakan welcome tak ada masalah dengan kehadiran para pengamen ondel ondel yang sejak 2018 lalu marak diwilayahnya. “Kami dari pemerintah Kecamatan tidak melarang, Silahkan saja pengamen Ondel Ondel masuk ke Dramaga, asal tidak mengganggu ketertiban Umum”,tegasnya.

Karena sampai saat ini Lanjut Camat, ia tidak melihat kehadiran para pengamen Ondel Ondel yang sudah dua tahun beroperasi di Dramaga mengganggu warga wilayahnya. “Bicara soal kebijakan dilarang atau tidak dilarang, itu bukan tupoksi pemerintah kecamatan tapi kebijakan dari Pemerintah Kabupaten. Untuk itulah kami menyatakan, jika pemerintah kecamatan menganggap kehadiran para pengamen Ondel Ondel yang kini marak beroperasi di Dramaga bukan sebuah masalah,” tandasnya. JEF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.