Diikuti PDAM se-Jabar, Perumda Tirta Pakuan Datangkan Ahli Pipa Dari Austria Untuk Diambil Ilmunya

Rivelino Rizky. IST

BOGOR – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor sukses menggelar pelatihan pemasangan valve untuk PDAM se-Jawa Barat, dalam pelatihan kali ini Tirta Pakuan mendatangkan ahli dari luar negeri untuk menambah ilmu tukang ledeng tersebut.

Direktur Umum (Dirum) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, H Rivelino Rizky menuturkan, untuk Training Center Tirta Pakuan Kota Bogor, sebetulnya baru soft launching, belum grand launching. 

“Baru kami lakukan uji coba untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan. Selain pelatihan dari internal Tirta Pakuan, tentunya kami bekerjasama dengan para ahli-ahli dibidang air minum,” ungkap Rivelino, akhir pekan lalu.

“Jadi, kemarin kami mencoba mengundang tenaga ahli dari Austria terkait valve perpipaan. Ahli mencoba menjelaskan penggunaan valve, Alhamdulillah sekalian soft launching diundang PDAM se-Jawa Barat untuk ikit pelatihan itu,” tambah Rivelino.

Rivelino menerangkan, dari antusiasme peserta sangat baik, walaupun gedung Training Center Tirta Pakuan belum ada. Tetapi Tirta Pakuan bekerjasama dengan Universitas Pakuan, yang bisa dimanfaatkan ruang kelasnya. 

“Di IPA Dekeng juga ada seperti ruang kelas begitu, itu yang kami manfaatkan. Kemarin dicoba di Dekeng, di undang tukang ledeng se-Jawa Barat dan alhamdulillah mereka bisa hadir dan mengikuti,” terangnya.

Rivelino menjelaskan, dalam berbicara bahasa Inggris, diperbantukan translator. kemudian ada uji coba di lapangan untuk cara memasang alatnya. Jadi selain materi, ada praktek langsungnya. 

“Meski pakai bahasa Inggris, tapi kan melihat langsung praktek juga jadi lebih bagus. Jadi memudahkan teman-teman untuk mengerti cara memasangnya. Tidak jenuh juga, hanya melihat slide dan mendengarkan. Saat praktek bisa lebih fokus menangkap apa yang disampaikan pemateri,” jelasnya.

Rivelino menambahkan, untuk pemasangan dilapangkan oleh Perumda Tirta Pakuan sudah diterapkan. 

“Berbicara tukang ledeng pastinya sudah bisa melakukan pemasangan, tapi mungkin ada teknologi yang terbaru dari ahli negara lain. Itu yang kami coba tawarkan teman-teman PDAM se-Jawa Barat,” pungkasnya.=ROY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.