Diduga Langgar SKB Tiga Menteri dan Perbup Soal PTSL, Kades Cibanteng Tak Menampik Tidak Pula Membenarkan

program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap. IST

CIAMPEA – Kepala Desa Cibanteng, Warso menanggapi adanya dugaan praktik terlarang yang dilakukan di wilayahnya berkenaan dengan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Dari informasi yang beredar, di wilayah Desa Cibanteng, untuk mengurus PTSL warga diharuskan membayar sejumlah uang dengan aturan yang telah dibentuk sedemikian rupa oleh oknum di wilayah tersebut.

Dari sebaran pesan yang diterima,
untuk pembuatan sertifikat luas dibawa 200 meter itu dipatok harga Rp600rb. Sedangkan untuk luas tanah di atas 200 meter sampai 500 meter harganya mencapai Rp900 ribu.

Warso tak menampik, namun tidak pula membenarkan. Menurutnya, besaran pembiayaan dalam program PTSL sudah berdasarkan aturan.

“Biaya kita ikuti aturan, hasil kesepakatan gak ada kelas-kelasan,” kata Warso dihubungi PAKAR melalui pesan WhatssAppnya, Kamis (11/3/2021).

Namun dalam surat keputusan bersama (SKB) Tiga Menteri yakni, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional, Menteri dalam Negeri dan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, nomor : 25/SKB/V/2017, telah diatur besaran biaya untuk mengurus PTSL yakni sebesar Rp150 ribu per bidang.

Begitu juga dengan Peraturan Bupati Bogor Nomor 48 Tahun 2017 tentang Pembebanan Biaya Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Kabupaten Bogor sebesar Rp150 ribu untuk setiap bidang tanah.

Namun di samping itu, dalam program PTSL tahun 2021, Desa Cibanteng mendapatkan jatah kuota sebanyak 2.500 bidang.

Program tersebut, sambungnya, ditangani oleh panitia atau kelompok kerja (pokja) yang telah dibentuk.

“Sekarang baru pelaksanaan fisik pengukuran dan yuridis dengan melengkapi segala kelengkapan administrasi,” ungkap Warso.

Dia berharap program PTSL ini jadi harapan untuk masyarakat yang belum memiliki sertifikat. “Kita sukseskan PTSL Sesa Cibanteng dan masyarakat Cibanteng biar pada mempunyai sertifikat,” tandas Warso. =MAM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.