Diduga Curang PPDB, Orangtua Minta Laporkan SMA Negeri 2 Cianjur ke Ombudsman

Ilustrasi PPDB. (Ist)

CIANJUR — SMA Negeri 2 Cianjur Diduga melakukan kecurangan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024. Hal itu, mengakibatkan sejumlah orang tua murid di Kabupaten Cianjur melaporkan perkara tersebut ke pengacara.

Kuasa Hukum Fans dan Partners Law Firm, Fanpan Nugraha membenarkan, adanya sejumlah orangn tua murid yang melaporkan dugaan kecurangan dalam proses PPDB di SMA Negeri 2 Cianjur

“Saya juga kurang paham, usai pengumuman PPDB SMA dan SMK, banyak orangtua yang mengeluhkan anaknya tidak masuk lantaran diduga adanya kecurangan,” kata Fanpan Nugraha, Senin (8/7/2024).

Para orangtua murid ini, lanjut Fanpan, ada beberapa permainan dalam proses PPDB di SMA dan SMK, terutama yang bersifat subyektif seperti jalur prestasi dan zonasi. “Kebetulan data yang masuk ke kita itu, sebagian besar orangtua murid yang memasukan anaknya ke SMA Negeri 2 Cianjur,” katanya.

Menurutnya, mereka meminta pihaknya melaporkan dugaan kecurangan dalam proses PPDB SMA Negeri 2 Cianjur ke Ombusdman, agar mengugurkan yang tidak sesuai persyaratan.

“Saya terima keluhannya, tapi dengan catatan harus disertai bukti dan saksi. Para orangtua murid sedang mencari dua alat bukti agat bisa dilaporkan ke Ombudsman,” tuturnya.

Disisi lain, salah seorang orangtua murid yang enggan ditulis namanya mengatakan terpaksa mengadu ke pengacara karena bingung harus lapor kesiapa lagi.

Dia memasukan anaknya ke SMA Negeri 2 Cianjur melalui jalur prestasi. Menurutnya, siswa tersebut selalu juara satu O2SN selama dua tahun berturut tingkat Kabupaten Cianjur dan juara di tingkat nasional. “Anehnya, yang masuk itu ke SMA Negeri 2 Cianjur itu juara 4 ke bawah. Ini jelas ada permainan dalam proses PPDB,”pungkasnya. BNM/NDI/SYA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.