Didepan Tugu Kujang, Jarnas Relawan ABW Bogor Raya Deklarasikan Anies Baswedan Kandidat Capres 2024

Deklarasi Jarnas ABW Bogor Raya memberikan dukungan kepada Anies Baswedan menjadi kandidat Capres 2024 yang dilaksanakan di depan Tugu Kujang. Syarif | Pakar

BOGOR – Pemilihan Presiden akan dilaksanakan tahun 2024 mendatang. Namun, sejumlah tokoh nasional sudah bermunculan dan mendapat dukungan dari masyarakat untuk diusung menjadi kandidat Calon Presiden (Capres).

Dukungan datang dari para tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, intelektual, aktivis LSM, aktivis Perempuan, praktisi dan tokoh agama di wilayah Bogor Raya yang tergabung dalam Jaringan Nasional (Jarnas) Relawan Anies Baswedan, yang mendeklarasikan dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai kandidat Presiden di Pilpres 2024 mendatang. Dukungan tersebut ditandai dengan penandatanganan naskah deklarasi di area Tugu Kujang, Kota Bogor, Kamis (7/4/2022).

Ketua Jarnas Relawan ABW Bogor Raya, Irfan Fauzi Arief atau biasa disapa Kang Irfan mengatakan, bahwa para relawan yang terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, intelektual, pengusaha, profesional, politisi, aktivis sosial, perempuan dan pemuda yang tergabung dalam Jarnas ABW Bogor Raya menilai, prestasi dan ketokohan Anies Baswedan tidak hanya diakui di dalam negeri, melainkan hingga mancanegara dimana lebih dari 50 penghargaan nasional dan internasional telah diraihnya, diantaranya adalah terpilih sebagai 20 tokoh pembawa perubahan dunia (Majalah Foresight), penghargaan Young Global Leaders yang menjadi bukti bila jiwa kepemimpinan Anies tak perlu diragukan lagi, dan menjadi satu-satunya warga Indonesia yang terpilih dalam 100 intelektual publik dunia (Majalah Foreign Policy) serta The 500 Most Influential Muslims dari The Royal Islamic Strategic Studies Center, Jordania.

“Kompleksnya permasalahan bangsa Indonesia saat ini sekaligus menghadapi tantangan global, Indonesia memerlukan hadirnya sosok pemimpin masa depan yang paripurna. Memiliki visi global namun mampu bertindak lokal, amanah, berkarakter, berintegritas, cerdas, anti korupsi, diakui dunia, tidak memiliki beban sejarah masa lalu dan santun,” ujar Irfan, usai membacakan naskah deklarasi di area Tugu Kujang, Kamis (7/4/2022).

Anies, kata Irfan, dipercaya dapat mengelola potensi sumber daya alam Indonesia telah diakui dunia sejak ratusan tahun lalu. Luas hutan Indonesia sekitar 99 juta hektar yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai pulau Rote. Luas lautan pun, lanjutnya, membentang diantara samudera Pasifik dan samudera Hindia.

“Mirisnya adalah, jumlah penduduk miskin kita lebih dari 27 juta jiwa dan jumlah hutang negara kita lebih dari Rp7.014 triliun atau sama dengan 273 juta jiwa penduduk Indonesia masing-masing memiliki hutang sebesar Rp25.692.307 perorang,” tandasnya.

Menurutnya, Anies Baswedan merupakan representasi dari visi Jarnas yang menginginkan Indonesia sebagai bangsa dan negara yang demokratis, berdaulat secara ekonomi dan berkeadilan sosial. Sementara Misi utama Jarnas, jelas Irfan, yakni memperjuangkan keadilan sosial, memperjuangkan prinsip pembangunan yang berwawasan kelestarian lingkungan hidup, mendorong tata kelola pemerintahan yang baik dan bebas dari korupsi.

Tak hanya itu, Jarnas Relawan ABW Bogor Raya sebagai bagian dari komponen demokrasi bangsa, juga mengajak masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Kabupaten dan Kotamadya Bogor, untuk ikut bergabung dan berjuang bersama pada berbagai simpul relawan Anies lainnya.

“Keanggotaan JARNAS juga bersifat inklusif bagi semua lapisan masyarakat dari berbagai suku bangsa dan agama, serta menghormati keterwakilan perempuan. Pada kesempatan ini kami mengajak para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Intelektual, Pengusaha, Profesional, Politisi, Aktivis Sosial, Perempuan, Pemuda, Media serta partai politik, untuk bersama-sama rapatkan barisan untuk mengajukan seorang Kandidat Presiden RI pada Pemilu 2024 yang prestasi dan ketokohannya telah diakui dunia, yaitu H. Anies Rasyid Baswedan,” tandasnya.

Usai menggelar deklarasi dukungan, para relawan Jarnas Relawan ABW Bogor Raya juga membagikan takjil gratis kepada warga yang melintas di sekitar Tugu Kujang, Kota Bogor. Acara ditutup dengan kegiatan Sholat Maghrib Berjamaah di Masjid Alumni IPB Baranangsiang, Kota Bogor. RIF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.