Dibangun Oleh Samisade, TPT dan Jalan Jadi Mulus di Desa Pasir Muncang

CARINGIN – Warga Kampung Pasir Muncang, RW 02 Desa Pasir Muncang kecamatan Caringin, kini tak lagi waswas dan bisa tidur nyenyak. Pasalnya, mereka yang selama ini dihantui rasa takut karena berada dibantaran kali Cinagara kini dibangun Tebing Penahan Tanah (TPT) sepanjang 60 meter, dengan tinggi 4 meter dengan dibiayai Dana Satu miliar satu Desa (Samisade).


Kepala Desa Pasir Muncang Yudi Mengatakan, adanya pembangunan TPT tersebut saat musim penghujan kini warganya bisa tertidur pulas, karena sudah dibangun TPT. “Alhamdulillah dibangun TPT warga tidak lagi waswas, karena sebelumnya warga kami dihantui rasa ketakutan datangnya banjir,” ungkapnya.


Yudi saat ditanya terkait anggaran yang digunakan mengaku, pembangunan tersebut dibiayai dana samisade sebesar 750 juta, namun kata dia dana sebesar itu bukan hanya dibangun satu titik akan tetapi bangun tiga titik. Antaralain dua titik TPT dan satu titik jalan desa. “Satu titik TPT menghabiskan biaya 250 juta, dengan panjang 60 meter,  tinggi 4 meter, lebar bawas 1,2 mtr dan lebar atas 40 cm di Kampung Pasir muncang,” jelasnya.


Sementara titik TPT lainnya lanjut dia, pembangunan TPT dikampung selaawi RW 01 sepanjang 72 meter, dengan tinggi 3 meter serta membangun jalan untuk menghubungkan kampung selaawi, dengan kampung selaawi kidul dengan panjang 100 meter lebar 1,5 meter. Dengan biaya 250 juta. “Untuk TPT di kampung selaawi itu tadinya selalu longsor menutupi jalan setapak, makanya dibangun TPT dan jalan sekaligus diperlebar yang tadinya 70 CM kini jadi 1,5 mtr,” ulasnya.


Yudi menambahkan, sementara titik ketiga Yudi menegaskan, dana Samisade tersebut digunakan pembangunan jalan desa sepanjang 300 meter dengan lebar tiga meter dengan tinggi 10 cm.
“Masing masing Titik biayanya 250 juta, alhamdulillah sekarang sudah rampung dan dapat dinikmati masyarakat,” tuturnya.


Yudi saat disinggung terkait dengan tenaga kerja menambahkan, pelaksana kegiatan dilakukan oleh tim TPK, dengan merekrut tenaga kerja disetiap warga sekitar disetiap kegiatan sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat sekitar.
“Sesuai tujuan dari program samisade tersebut, setiap pembangunan masyarakar sekitar mendapatkan imbas positif dalam pemberdayaan ekonomi,” tegasnya.  


Dia berharap, pembangunan yang kini telah selesai dilaksanakan dan dapat dirasakan manfaatnya. Masyarakat dapat merawat, dan dampaknya sanggat dirasakan oleh masyarakat. “Sekarang tinggal warga merawatnya, agar jalan jangan cepat rusak, coba dilihat sekarang manfaatnya sudah dapat dirasakan warga kami,” pungkasnya. UJG
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.